Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Vitiligo, Gangguan Autoimun yang Menyerang Kulit

Vitiligo, Gangguan Autoimun yang Menyerang Kulit Penyakit Vitiligo (Foto: Shutterstock)

Dream - Pigmentasi pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti flek akibat paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Tahukah kamu bahwa pigmentasi juga bisa disebabkan oleh stres oksidatif, kelainan metabolik, respons autoimun atau faktor genetik?

Keempat hal tersebut bisa menyebabkan kondisi pigmentasi yang disebut vitiligo. Tidak seperti pigmentasi lainnya, vitiligo berbentuk bercak putih yang tidak dapat disembuhkan secara permanen.

Vitiligo memang tidak terasa sakit, namun vitiligo dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Apalagi jika penyakit kulit ini muncul di area kulit yang terlihat. Kondisi vitiligo merupakan jenis gangguan autoimun.

"Vitiligo itu gangguan autoimun. Jadi, sistem imunnya membunuh melanosit. Bisa juga memiliki kelainan autoimun lain seperti hipertiroidisme," kata dr. Dian Pratiwi, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dalam acara 'Diskusi Media Seputar Vitiligo' di Jakarta Pusat, Rabu 20 November 2019.

 

Tidak Menular

Penting diketahui kalau vitiligo tidak bersifat menular. Sifat vitiligo justru genetik, bisa diturunkan melalui orangtua ke anak-anaknya.

vitiligo

"Penyakit ini tidak menular dari kontak, tapi bisa menurun secara genetik dari orangtua ke anak. Sedangkan kesamaan varian vitiligonya tidak bisa ditentukan. Karena vitiligo bisa timbul tidak hanya dari faktor genetik, tapi juga eksternal," kata dr. Anthony Handoko, spesialis kulit kelamin.

Semua warna kulit sangat bisa terkena vitiligo. Pada kulit yang gelap, vitiligo cenderung terlihat lebih kontras.

"Bisa ditemukan pada semua ras dan warna kulit kok. Walaupun di kulit gelap menjadi mebih kontras," kata Anthony.

Pertolongan Pertama Saat Kulit Terserang Alergi

Dream - Kulit gatal bisa sangat mengganggu produktivitas. Apalagi jika rasa gatalnya tak kunjung hilang dan membuat kulitmu kering, bahkan perih. Jika pernah mengalaminya, kemungkinan besar kamu menderita alergi atau Dermatitis Atopik (DA).

Pertolongan Pertama Saat Kulit Terserang Alergi

Tak seperti rasa gatal biasa, DA seringkali dijumpai dengan kondisi kulit kering untuk waktu yang sangat lama. Kondisi ini biasanya tak akan mereda dengan obat atau krim kulit biasa.

Pengidap DA atau alergi perlu menggunakan kelembapan ekstra atau obat dengan resep dokter agar bisa pulih. Ada langkah pertama untuk penanganan sementara, yaitu bisa menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak zaitun.

"VCO bisa, atau olive oil yang asli dan tidak wangi ya," kata dr. Anna Juniawati, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara peluncuran Erha Skin Barrier Body Moisturizer di Kemanggisan, Jakarta Barat, Selasa 19 November 2019.

 

Cara Produk yang Hipoalergenik

Setelah memakai VCO atau zaitun, baru kemudian gunakan pelembap. Cari yang tidak mengandung pewangi sintetis dan bersifat hipoalergenik.

Tips Memilih dan Memakai Sunblock Saat Cuaca Panas

"Tetap harus trial and error dalam memilih produk. Sekalipun hipoalergenik, tapi banyak brand yang dijual di pasaran. Jadi, dipilih hipoalergenik yang mana yang cocok," tuturnya.

Anna juga menyarankan untuk mengurangi makanan pemicu DA. Biasanya alergi dipicu oleh produk susu seperti keju, cokelat, yogurt atau bisa juga terigu.

Naik KRL Setiap Hari? Jangan Lupa Merawat Kulit

Dream - Menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas bagi sebagian orang jadi hal yang sangat praktis. Apalagi kini didukung transportasi online, sehingga perjalanan bisa lebih cepat dan nyaman.

Salah satu transportasi umum favorit adalah kereta api. Harganya terjangkau dan waktu tempuhnya pun cukup cepat jika tak ada gangguan. 

Bagi Sahabat Dream yang suka naik kereta api, penting untuk memperhatikan kondisi kulit. Ada masalah kulit yang kerap terjadi pada mereka yang suka naik kereta.

Menurut Chelsee, seorang terapi facial, kulit wajah komuter bisa mengalami apa yang disebut dengan wajah kereta atau train face. Train face adalah kondisi kulit wajah yang kering dan pecah-pecah, mengalami penuaan dini, pori-pori tersumbat, bercak merah dan kulit kusam.

Perempuan yang sudah berpengalaman selama 23 tahun jadi pakar kulit wajah ini mengungkap tips cara mengatasi masalah train face ini. Salah satunya dia menyarankan komuter untuk melakukan perawatan kulit wajah yang menyeluruh secara rutin.

Alasan Transportasi Umum Bisa Merusak Kulit

Chelsee mengatakan kondisi penumpang yang terlalu berdekatan di dalam transportasi umum menyebabkan partikel jahat lebih mudah untuk masuk ke dalam kulit.

"Partikel jahat di dalam transportasi umum ukurannya 20 kali lebih kecil sehingga bisa masuk ke pori-pori. Ini dapat merusak pelindung kulit alami hingga menyebabkan masalah seperti penuaan dini, penyumbatan pori-pori, hingga kulit kering yang membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya dengan sangat cepat," jelas Chelsee.

Ini yang terjadi jika wajah mengalami train face.

Lebih jauh Chelsee menjelaskan bahwa polusi di udara akan merusak kolagen. Menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak segar.

"Polusi udara menyebabkan pasokan oksigen ke dalam sel-sel kulit menjadi berkurang sehingga tidak bisa bekerja maksimal membentuk kulit baru," katanya.

Cara Mencegah Train Face

Ada beberapa cara untuk mencegah train face yang disarankan Chelsee.

1. Meningkatkan perawatan kulit secara intensif

7 Manfaat Mengagumkan Facial yang Jarang Diketahui

Untuk mencegah train face, Chelsee menyarankan untuk melakukan perawatan kulit yang intensif. Seperti penggunaan krim tabir surya dengan SPF 50 dan serum Vitamin C dengan pelembab harian yang cukup.

Melakukan perawatan menyeluruh secara rutin merupakan suatu keharusan ketika sering bepergian setiap hari.

"Misalnya, menggunakan tabir surya SPF 50, serum Vitamin C dengan pelembab yang baik, masker dan melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Selain itu, melakukan double cleansing pada malam hari," ujar Chelsee.

2. Menggunakan produk anti-polusi

Hati-hati Beli Masker Wajah Asal Korea

Sebagai perlindungan saat melakukan perjalanan, cobalah untuk berinvestasi pada produk anti-polusi. Produk anti-polusi dibuat dengan formula terkonsentrasi yang mengandung antioksidan multi aksi yang kuat untuk melawan kerusakan kulit akibat kelebihan radikal bebas.

3. Melakukan perawatan teratur di salon

facial wajah

Chelsee juga menyarankan untuk melakukan perawatan kulit secara teratur di salon, setidaknya setiap 3-4 minggu sekali.

Demikian tips untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik untuk mereka yang sering melakukan aktivitas menggunakan transportasi umum. (mut)

(Sumber: DailyMail UK)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengenal Hiperpigmentasi dan Upaya Pencegahannya

Mengenal Hiperpigmentasi dan Upaya Pencegahannya

Mengenal hiperpigmentassi dan pencegahannya, penting untuk menjaga kesehatan kulit. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
Intip Cara Dermatologis Mengatasi Kulit yang Dehidrasi

Intip Cara Dermatologis Mengatasi Kulit yang Dehidrasi

Kenali gejala kulit dehidrasi dan kebiasaan yang bisa mengatasinya agar wajah tetap terlihat glowing serta sehat.

Baca Selengkapnya
Beruntusan di Kulit Lengan Tak Boleh Dibiarkan, Bisa jadi Masalah Serius

Beruntusan di Kulit Lengan Tak Boleh Dibiarkan, Bisa jadi Masalah Serius

Beruntusan yang terjadi di area tubuh tertentu bisa jadi pertanda keratosis pilaris. Penyebabnya pun tidak seperti jerawat atau beruntusan biasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Tak Bisa Dihindari, Kenali Tahapan Ketika Kulit Mulai Alami Penuaan

Penuaan kulit merupakan proses yang pasti dialami semua orang. Ketahui tanda-tanda penuaan dan penyebabnya.

Baca Selengkapnya
Pori-pori Besar Pada Kulit Kering, Ada Cara Biar Tak Makin Parah

Pori-pori Besar Pada Kulit Kering, Ada Cara Biar Tak Makin Parah

Pori-pori besar disebabkan oleh faktor genetik, tapi bisa juga disebabkan oleh kondisi kulit yang meradang.

Baca Selengkapnya
Hobi Begadang Picu Penyakit Jantung, Simak Penjelasan Pakar

Hobi Begadang Picu Penyakit Jantung, Simak Penjelasan Pakar

Begadang yang dilakukan terus menerus bisa menyebabkan penyakit jantung. Cari tahu penyebab dan hubungan begadang dan penyakit itu menurut dokter.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Jika tidak dirawat, tindikan bisa sebabkan iritasi atau rasa sakit. Cegah hal tersebut dengan beberapa perawatan kulit.

Baca Selengkapnya
Menilik Manfaat Formula Genowhite yang Jadi Favorit Irish Bella

Menilik Manfaat Formula Genowhite yang Jadi Favorit Irish Bella

Beragam penemuan terus-menerus hadir dalam industri perawatan kulit. Salah satunya munculnya bahan baru seperti Genowhite.

Baca Selengkapnya
Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Keberadaan uban di usia yang terbilang muda seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai penyebabnya.

Baca Selengkapnya