Viral Mengunyah Daun Sirih Bisa Cegah Corona, Ini Kata Ahli

Fresh | Rabu, 23 September 2020 19:12
Viral Mengunyah Daun Sirih Bisa Cegah Corona, Ini Kata Ahli

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Daun sirih diyakini memikliki khasiat antiseptic. Namun benarkah bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah?

Dream - Masyarakat berlomba mencari pengobatan alternatif untuk mencegah tertular covid-19. Beberapa ada yang berhasil namun tak jarang juga yang gagal. Umumnya obat yang dipakai belum terdaftar resmi dan hanya beredar di kalangan terbatas. 

Yang terbaru muncul pesan berantai berisi informasi tentang khasiat daun sirih yang bisa menjadi antiseptik untuk mencegah terjangkit virus Corona. 

Dalam pesan yang beredar tersebut, pengirim mengabarkan khasiat daun itu yang sudah dibuktikan seorang pasien yang mendapat perawatan di rumah sakit Singapura.

Berikut narasi ini beredar melalui pesan berantak di WhatsApp.

“ Ada sepupu teman positif Corona, diduga kenanya di jakarta mau menuju ke Singapura, urusan kerja...

Nah, dia dirawat di RS Singapura, dan dia sudah sembuh, skrg sudah di Indonesia, utk skrg masih rehat karantina di Batam..
Selama dia di rumah sakit di Singapura, dia hanya diberi obat vitamin C dan E...
Trus dokternya menyarankan, di Indonesia kan ada daun sirih, yg mana bekerja sbg antiseptik.. nah, setiap hari ada baiknya konsumsi daun sirih, 1 lembar di pagi hari.. kunyah, dan telan air dr liur kita itu.. klo bisa lama aja ngunyahnya.. ga perlu cepat2..
Daun sirihnya itu, ga boleh dicampur apa2.. murni daun sirih aja..
Virus ini kan bertahan di tenggorakan, nah, daun sirih itu nanti yg membersihkan sbg antiseptik alami..
Jadi pesan dr chat yg ku kirim ini.. mari konsumsi vitamin C dan E.. utk daya tahan tubuh..
Dan daun sirih td sbg antiseptik...
Dicoba yah semoga bermanfaat dan di share ke kerabat, sahabat/teman ????????”

Benarkah mengunyah daun sirih dapat menangkal virus Corona? Berikut ulasannya.

2 dari 6 halaman

Cek Fakta

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari CekFakta.com, diketahui bahwa isi pesan berantai tersebut keliru.

Dilansir dari tasikmalaya.pikiran-rakyat.com, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan, daun sirih memang memiliki fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus 2019-nCoV, penyebab penyakit Covid-19.

Namun Air menegaskan penggunaan daun sirih lebih direkomendasikan sebagai antiseptik pencuci tangan, bukan untuk dikonsumsi setiap pagi.

Pembuatan antiseptik dari daun sirih juga perlu memerhatikan ukuran, dosis dan konsentrasi secara tepat, sehingga tidak menimbulkan resistensi.

Informasi mengunyah daun sirih setiap hari bisa mencegah virus coronah salah atau merupakan misinformasi.

Sumber: cekfakta.com

3 dari 6 halaman

13 Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Mata dan Wajah

Dream - Banyak tanaman mujarab untuk kesehatan bisa ditemukan di sekitar kamu. Mulai dari tanaman yang bermanfaat untuk kecantikan sampai kesehatan. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan banyak dikenal masyarakat adalah daun sirih.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal paling berkhasiat. Tidak hanya untuk kesehatan, daun sirih juga memiliki khasiat dalam merawat kulit dan wajah. Banyak manfaat daun sirih yang dapat kamu peroleh.

Berikut ini adalah 13 manfaat rebusan daun sirih merah untuk mata dan wajah.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih juga ada yang berwarna merah. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih merah.

Mengobati nyeri

Manfaat daun sirih pertama yaitu dapat mengobati nyeri. Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.

Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan daun sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Mengurangi bau badan

Manfaat daun sirih juga bisa mengurangi bau badan. Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Obat asam urat

Salah satu manfaat daun sirih yaitu dapat menjadi obat asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Daun sirih juga memiliki manfaat untuk mata. Manfaat daun sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggung.

Sementara untuk jerawat di dada atau punggung, kamu bisa memanfaatkan air rebusan sirih yang masih hangat untuk mandi.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan proses pencucian wajah seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id