Viral di TikTok Air Selada Bikin Cepat Tidur, Cari Tahu Faktanya

Fresh | Jumat, 10 September 2021 19:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Mau coba, Sahabat Dream?

Dream – Banyak faktor yang membuat orang sulit tidur nyenyak. Bisa karena faktor fisik atau psikologis. Seperti kita tahu tidur adalah kebutuhan dasar.

Saat sulit tidur, keesokan harinya mata akan sangat mengantuk, badan kelelahan dan mood jadi berantakan.

Sahabat Dream juga mungkin pernah mengalaminya. Rupanya viral di TikTok, cara simpel mengatasi sulit tidur, yaitu cukup dengan minum air rebusan daun selada.

 Air selada© TikTok

Sebuah video diunggah akun TikTok @shapla_11. Perempuan itu menunjukkan bagaimana membuat air seduhan daun selada. Dia menambahkan teh peppermint karena dia berkata, “ aku takut rasanya tidak enak”. Ia lalu mengungkap kalau drinya merasa ngantuk setelah beberapa saat meminumnya.

 

Viral di TikTok Air Selada Bikin Cepat Tidur, Cari Tahu Faktanya
Air Daun Selada/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Komentar netizen

Video tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen seperti, “ ibuku biasanya melakukan ini untukku, merebus air dan meninggalkannya di panci selama 5 menit. Selalu berhasil untukku dan itu semua alami”.

“ Jauh lebih murah daripada permen karet melatonin,” ujar yang lain.

Banyak warganet mengatakan, mereka berencana mencoba air selada untuk membantu tidur di malam hari. “ Saya menderita insomnia parah, jadi saya akan coba secepatnya,” tulis salah satu komentar.

 

@shapla_11

if you can’t sleep, try this ##lettucewater ##insomnia ##lifehacks ##fyp

♬ Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod

 

3 dari 6 halaman

Pendapat ahli

Mengingat ini adalah saran dari TikTok, perlu untuk menanyakan pendapat ahli. Apakah ini benar? " Ya dan tidak" , kata Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, dikutip dari Health.

Penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It ini menjelaskan, selada mengandung sesuatu yang disebut lactucarium yang bisa membuat seseorang mengantuk.

“ Daun ini memiliki struktur yang mirip dengan opium dan memiliki beberapa sifat obat penenang,” katanya.

Lalu apakah selada bisa membuat seseorang tertidur? Mungkin saja, sebab selada mengandung lactucarium dan itu bisa membuat rasa mengantuk. Winter mengatakan, rendam selada dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

“ Jumlah lactucarium yang didapatkan dari empat hingga lima daun selada, sepertinya tidak banyak membantu. Tetapi, kehangatan air itu sendiri yang bisa membuat anda mengantuk bersama dengan efek plasebo yang sehat," ujarnya.

Jika menyukai minuman hangat, dr. Winter menyarankan untuk menggunakan teh yang mengandung chamomile atau valerian. “ Minum secangkir teh setiap malam sekitar satu jam sebelum tidur untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur,” ungkapnya.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

4 dari 6 halaman

Tidur Tanpa Busana Punya Sederet Manfaat, Mau Coba?

Dream – Bagi sebagian orang, tidur harus memakai piyama atau kaos favorit mereka. Pilihannya berupa busana longgar yang berbahan lembut. Ada juga yang memilih tak menggunakan sehelai benang pun saat tidur.

Hanya menutup tubuh dengan selimut. Mungkin terdengar tak lazim, tapi ternyata tidur tanpa busana memiliki sederet efek positif yang sering tak disadari banyak orang.

Mungkin Sahabat Dream ingin melakukannya dan rasakan dampak berikut.

 Tidur Tanpa Busana Punya Sederet Manfaat, Mau Coba?© MEN

1. Tubuh Tetap Dingin Semalaman
Pernahkah kamu tidur dan bangun di tengah malam dengan keringat yang membanjiri seluruh tubuh? Berkeringat membuat tidur kita menjadi tidak nyaman bukan?
Nah, untuk mengatasinya kamu bisa tidur dengan melepaskan baju dan kaos favoritmu. Rasakan perbedaannya.

“ Tidur telanjang menjaga tubuh dari kepanasan di malam hari, membuat tubuh lebih dingin dan meningkatkan kualitas tidur," ujar Kent Smith, pakar kesehatan dari American Sleeping and Breathing Academy.

Menurut Kent, tidur telanjang memberikan banyak manfaat, salah satuunya mendinginkan sebuah tubuh yang dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

 

5 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Keintiman
Tidur tanpa busana juga meningkatkan keintiman yang meningkatkan hasrat seksual yang bisa meningkatkan hormon oksitosin (kebahagaiaan).

" Skinship dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat meningkatkan keintiman fisik dan emosional" ujar Kent.

 Suka Tidur Pakai Bra? Ketahui Faktanya© MEN

3. Menyehatkan Tubuh Bagian Bawah
Selain membuat tubuh lebih dingin, tidur telanjang juga menyehatkan organ seksual wanita dan pria. Smith mengatakan, tidur telanjang untuk wanita, dapat mengurangi risiko infeksi jamur pada vagina berjamur. Sedangkan untuk pria, tidur telanjang dapat meningkatkan kualitas sperma dan memperlancar pembuahan

 

6 dari 6 halaman

4. Melancarkan metabolisme tubuh

 Tidur Miring© Shutterstock

Ternyata tidur menggunakan piayama memiliki kekurangan. Salah satunya, memperlambat metabolisme tubuh. Untuk memperlancar metabolisme, kamu bisa mulai dengan tidur tanpa busana yang bisa membakar kalori dengan mudah. Saat tubuhmu kedinginan, akan akan bereaksi dengan meningkatkan suhu tubuh dan membuat lemak pada tubuhmu terbakar.

Laporan Delfina Rahmadhani/ Sumber: RealSimple

Join Dream.co.id