Benarkah Vape Lebih Aman dari Rokok Tembakau?

Fresh | Selasa, 9 April 2019 18:43
Benarkah Vape Lebih Aman dari Rokok Tembakau?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sebuah fakta mencengangkan terungkap bahwa jumlah perokok di kalangan remaja naik tajam dari tahun ke tahun.

Dream – Vape alias rokok elektrik beberapa tahun terakhir memang populer. Dibandingkan dengan rokok biasa, vape dinilai lebih aman.

Ketua Koalisi Indonesia Bebas Tar (KABAR), Dr. drg. Amalita, mengatakan, rokok elektrik memang jauh lebih aman daripada dengan rokok tembakau.

“ Rokok elektrik ini tingkat bahayanya sudah berkurang, mencapai 95 persen. Sudah sangat berkurang bahayanya dari rokok biasa yang mengandung 400 zat beracun,” kata Amalita dalam acara Peluncuran Gerakan Bebas TAR dan Asap Rokok (GEBRAK) di Jakarta, Minggu 7 April 2019.

Menurut dia, penelitan German Federal Institute for Risk Assessment menyatakan bahwa yang dihasilkan vape hanyalah uap, bukan asap. Emisi ini tidak melalui proses pembakaran seperti rokok konvensional yang menghasilkan kandungan tar.

2 dari 2 halaman

Ajak Masyarakat Peduli TAR

KABAR, bersama Asosiasi Personal Vaporize Indonesia (APVI), Asosiasi Vaper Indonesia (AVI), Asosiasi Vaporizder Bali (AVB), dan Yayasan Pemerintah Kesehatan Publik (YPKP) merilis Gerakan Bebas Tar Dan Asap Rokok (GEBRAK).

Gerakan ini didorong dari riset kesehatan data 2018 Kementerian Kesehatan. Riset ini menyebut tingkat prevalensi merokok di Indonesia cenderung naik dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2013 perokok pada remaja (10-18) tercatat 7,2 persen, di tahun 2016 sebanyak 8,8 persen, dan di tahun 2018 9,1 persen.

" Gerakan ini bertujuan untuk mengajak dan mengingatkan kepada masyarakat luas termasuk pada level pemerintah untuk sadar akan gerakan ini," kata Ketua APVI, Aryo Andrianti.

Laporan: Ratih Permata Sari

5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin
Join Dream.co.id