Urine Berbuih Banyak Saat Buang Air Kecil, Normalkah?

Fresh | Jumat, 31 Mei 2019 03:15
Urine Berbuih Banyak Saat Buang Air Kecil, Normalkah?

Reporter :

Yuk, cari tahu penyebabnya.

Dream - Kondisi urine bisa jadi jendela kesehatan tubuh dan ginjal. Saat kekurangan cairan misalnya, urine warnanya menjadi kuning pekat bahkan cenderung kecokelatan. Lalu saat ada infeksi saluran kemih, urine jadi sangat berbau dan muncul bercak darah.

Satu lagi yang juga kerap memicu pertanyaan adalah urine yang selalu berbusa saat buang air kecil. Apakah kondisi tersebut normal.

Menurut dr. Erick P. Castle, ahli kesehatan ginjal, hal tersebut merupakan hal normal, tapi perlu diperhatikan.

" Biasanya karena kecepatan saat buang air kecil, tapi jika terjadi terus menerus harus memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bila busa yang muncul semakin terlihat dan semakin banyak," kata Erick, seperti dikutip dari Self.

Kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda protein dalam urin (proteinuria) tidak normal dan membutuhkan evaluasi lebih lanjut. Peningkatan jumlah protein dalam urin bisa berarti terdapat masalah ginjal serius.

Jika urin tampak sangat berbusa, dokter bisa saja merekomendasikan tes urin untuk memeriksa kadar protein yang tinggi. Jika tes ini positif, maka perlu tes lebih lanjut untuk menentukan penyebab masalah.(Sah)

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id