Telinga Sering Kemasukan Air, Coba 7 Trik Selain Goyang Kepala Ini

Fresh | Selasa, 9 April 2019 06:15
Telinga Sering Kemasukan Air, Coba 7 Trik Selain Goyang Kepala Ini

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Biasa terjadi ketika berenang dan mandi.

Dream - Berenang memang menyenangkan, tapi ketika ada air yang masuk ke telinga rasanya pasti tidak enak. Pendengaran jadi terganggu dan telinga lama-kelamaan terasa sakit.

Menurut Farhad Chowdhury, seorang dokter di ENT & Allergy Assiciates di Clarks, New Jersey, Amerika Serikat air yang terjebak di dalam telinga sebenernya terperangkap di luar gendang telinga.

Air seringkali tercampur dengan kotoran telinga dan tersangkut di bagian belakang. Hal ini membuat telinga terasa jadi tersumbat. Jika dibiarkan, telinga bisa terserang infeksi.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk mengeluarkan air dari dalam telinga dapat dilakukan dengan cara melompat-lompat atau menggelengkan kepala.

Dilansir dari Reader's Digest, ternyata ada teknik paling efektif dibandingkan cara yang selama kita lakukan. Mau tahu? Berikut tekniknya. 


2 dari 4 halaman

Cara Jadul, Goyangkan Telinga

1. Goyangkan Telinga

 Teling

Chowdhury merekomendasikan untuk menggoyangkan telinga secara condong ke samping. Kemudian tarik telinga Anda dengan lembut. Langkah ini dapat memamnipulasi saluran telinga sehingga membantu air keluar dengan sendirinya.

2. Metode bekam

Ruang hampa dapat agar air keluar dari telinga dengan mudah. Miringkan kepala anda ke samping dan dekatkan telapak tangan ke telinga. Kemudian ratakan dan bentuk telapak tangan menyerupai cup untuk membuat isapan yang membantu air keluar.

3 dari 4 halaman

Teknik Agak Modern

3. Kompres Hangat

Panas dari kompres dapat membantu melelehkan zat lilin yang bersifat menghalangi air untuk keluar.

 Tips Menggunakan Hair Dryer Agar Tidak merusak Rambut

4. Pengering Rambut

Kita juga bisa menggunakan pengering rambut alias hairdryer. Atur dengan suhu paling rendah dan arahkan ke telinga sambil menggelengkan kepala.

5. Ramuan Buatan Sendiri 

Sahabat Dream bisa memanfaatkan cuka putih dan alkohol untuk mengeluarkan air dari dalam telinga. Gunakan pipet untuk memasukkan ramuan tersebut sebanyak 3-5 tetes ke telinga.

4 dari 4 halaman

Masih Juga Gagal? Waktunya Periksa ke Dokter

6. Obat Tetes Telinga

Obat ini sebagian besar mengandung alkohol yang dapat menguapkan air dari dalam telinga. Jangan gunakan obat tetes telinga dalam kondisi luka atau cedera karena dapat menimbulkan sensasi terbakar.

7. Periksa ke Dokter

 Dokter

Pada umumnya air dapat keluar sendiri, namun segera periksa ke dokter jika air terjebak di dalam telinga selama lebih dari 24 jam.

(Sah/ Laporan: Ratih Permata Sari)

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id