Tren Pil Diet yang Ternyata Menyimpan Bahaya

Fresh | Rabu, 15 September 2021 06:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Praktis memang, tapi ternyata berdampak negatif jika dikonsumsi panjang.

Dream – Tubuh langsing memang jadi dambaan banyak orang. Demi mendapatkan tubuh yang kurus, berbagai cara dilakukan. Salah satu yang kini sedang jadi tren dan banyak dipromosikan oleh para influencer adalah pil diet.

Harga dan jenisnya pun sangat beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Dilansir dari Byrdie.com, pil penurunan berat badan sebenarnya hanya boleh dikonsumsi dengan pantauan dokter.

“ Pil merupakan obat yang keras, dan berpotensi ketergantungan, “ ujar Brittany Lubeck, seorang pakar gizi dikutip dari Byrdie.

Lubeck juga menjelaskan, pil hanya mengurangi nafsu makan, dan menghalangi penyerapan lemak di dalam tubuh. Jika hanya mengkonsumsi pil, tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Tren Pil Diet yang Ternyata Menyimpan Bahaya
Pil Diet/ Foto: Shutterstock
2 dari 8 halaman

Mereka yang ingin langsing dan menurunkan berat badan juga harus mengubah pola makan sehat dan teratur serta berolahraga. Pil juga bisa memberikan efek samping yang serius. Seperti sembelit, tekanan darah yang naik, pusing, dan detak jantung tidak teratur.

Beberapa pil juga mengandung bahan berbahaya. Maka dari itu, mengonsumsil pil diet atau pil pelangsing dalam bentuk apapun sangat tidak disarankan. Efeknya bisa sangat buruk bagi kesehatan.

“ Karena banyak diet yang hanya berlaku dalam jangka waktu pendek,” imbuh Lubeck.

Lubeck mengatakan, efek diet yang cepat, akan kembali dengan cepat pula. Demi lebih sehat dan efek langsing tahan lama, hindari konsumsi pil diet. Ubah pola makan jadi lebih sehat, rutin olahraga dan defisit kalori.

Laporan Delfina Rahmadhani

3 dari 8 halaman

Benarkah Diet Militer Ampuh Susutkan Bobot Tubuh 4,5 Kg dalam Seminggu?

Dream – Menurunkan bobot tubuh hingga mencapai postur ideal menjadi keinginan hampir semua orang. Salah satu cara untuk mencapainya biasanya dilakukan dengan mengikuti program diet tertentu.

Diet memang diakui bisa menurunkan bobot sekaligus membantu membentuk tubuh sesuai keinginan diinginkan. Ragam diet pun berseliweran, mulai dari aturan porsi makan hingga jadwal rutin olahraga yang nggak boleh dilewatkan.

 Ilustrasi
© shutterstock

Tapi, pernahkah kamu mendengar diet militer yang diklaim mampu menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam seminggu?

Diet militer merupakan pola mengatur makanan yang hanya dilakukan dalam satu minggu. Dalam tiga hari, mereka yang melakukan diet ini harus membatasi 1100-1400 kalori yang boleh masuk ke tubuh.

Sisa empat hari berikutnya adalah mengonsumsi asupan makanan dan minuman sekitar 1800-2000 kalori.

4 dari 8 halaman

Bagaimana cara kerjanya?

Pola diet ini sering dilakukan para tentara untuk membentuk tubuh dengan cara yang cepat. Diet ini tidak memperbolehkan untuk mengonsumsi snack atau makanan ringan yang mengandung kalori berlebihan.

Tapi tenang, kamu tetap bisa makan tiga kali sehari dengan mengurangi porsi makan yang biasanya, atau menggantinya dengan menu-menu lebih sehat.

Dari aturan yang begitu ketat, tak heran jika diet ini dinilai efektif karena tidak akan kelaparan dalam waktu panjang.

 Ilustrasi
© shutterstock

Efektifkah diet militer?

Keefektifan metode merupakan suatu cara yang harus diatur sendiri masing-masing individunya. Kamu harus menahan godaan dengan disiplin untuk mencapai hasil yang maksimal.

Di samping menjaga kalori yang masuk, kamu juga wajib mengatur waktu makan dan olahrga agar diet militer tercapai dengan maksimal.

5 dari 8 halaman

Apa diet ini hanya berjangka waktu pendek?

Semua varian diet sebenarnya sama saja. Diperukan konsistensi dan komitmen yang tinggi.

Jika hanya melakukan hidup sehat dalam jangka waktu yang pendek, hasilnyapun juga begitu. Berat badan yang hilang akan muncul lagi, karena tidak menerapkan hidup dengan pola yang benar.

Namun jika kamu terus melakukan diet ini dengan jam makan teratur serta porsinya yang tidak berlebihan, efek yang dihasilkan akan lebih bertahan lama.

Apalagi jika kamu terus menerus menerapkannya, maka badanmu akan ideal dan lebih bugar ke depannya.

Apa kamu tertarik untuk mencoba varian diet ini?

(Sah, Sumber: Times of India, Laporan: Delfina Rahmadhani)

6 dari 8 halaman

4 Kunci Jalani Plant-based Diet Lebih Nyaman dan Konsisten

Dream - Selain berolahraga, semakin banyak orang yang menerapkan pola makan lebih sehat. Cukup banyak jenis diet yang bisa dicoba di internet, mulai dari diet keto hingga plant-based diet.

Semua jenis diet bisa memberikan manfaat kesehatannya tersendiri. Plant-based diet memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Diet tersebut juga bukan semata-mata tidak mengonsumsi sumber pangan hewani.

4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Saat Mengonsumsi Tahu

"  Plant-based food nggak harus dari sumber (pangan) nabati. Masih bisa dikombinasikan dengan sumber (pangan) hewani," kata Dion Haryadi, Certified Sports Nutritionist dalam acara 'IKEA Tawarkan Plant-based Menu', Jumat 27 Agustus 2021.

Manfaat diet tersebut bagi kesehatan tubuh telah terjamin oleh sebuah penelitian. Sehingga, sangat aman untuk dijalani secara rutin. Tentunya, kamu harus tetap berolahraga dan istirahat yang cukup untuk bisa menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

7 dari 8 halaman

Tips untuk memulai menjalani plant-based diet

Jangan terburu-buru

Jika ingin mulai menjalani plant-based diet, mulailah perlahan-lahan. Jangan langsung mengganti semua sumber pangan hewani dan berhenti mengonsumsinya.

Pandemi Ternyata Bikin Orang Lebih Rajin Sarapan

" Nggak usah langsung. Mulailah sedikit-sedikit. Mulai berani coba (plant based diet). Jangan terlalu terburu-buru. Mulai aja dulu dari hal kecil atau mulai dari satu meal dulu. Lalu, mulai tambah sayuran," ujarnya.

Perhatikan cara mengolah makanan

 Mengolah Sayuran
© Shutterstock

Pertimbangkan cara mengolah sayuran agar rasanya tetap enak ketika disantap dan tidak hambar. Kamu bisa mencari berbagai resep di internet untuk dapat berkreasi mengolah bahan pangan nabati.

8 dari 8 halaman

Mengkombinasikan sumber bahan pangan

Jangan lupa kombinasikan sumber bahan pangan nabati yang digunakan agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi. " Jangan makan makanan yang itu-itu saja. Harus dikombinasikan. Semakin berwarna dan beragam jenis bahan pangannya akan semakin baik" .

Konsisten menjalani diet

Menjaring Bibit Potensial Peneliti Kesehatan dan Penanganan Covid-19

 Mengonsumsi Sayuran
© Shutterstock

Selanjutnya, Dion menyarankan untuk selalu konsisten ketika menjalani diet agar manfaat kesehatannya lebih terasa dan terjaga.

Selain bereksperimen di dapur sendiri, kamu pun bisa mencoba plant-based food yang dijual di IKEA. Harganya pun murah. Mulai dari Rp6-40 ribu kamu sudah bisa merasakan plant-based food yang rasanya tidak jauh berbeda dengan makanan berbahan dasar hewani.

Join Dream.co.id