Tips untuk Tidak Tidur Berlebihan

Fresh | Jumat, 3 April 2020 18:12
Tips untuk Tidak Tidur Berlebihan

Reporter : Dwi Ratih

Siapa yang suka bangun tidur terlalu siang?

Dream - Siapa di sini yang memiliki kebiasaan menekan tombol snooze saat alarm berbunyi untuk menunda bangun di pagi hari?

Kebiasaan buruk ini perlu ditiadakan.

Ilustrasi jam© Shutterstock

Tidur lebih lama dari waktu yang diinginkan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Hal tersebut juga bisa jadi tanda timbulnya penyakit seperti diabetes, jantung atau stroke.

Kamu perlu tahu bahwa tidur berlebihan menyebabkan kelelahan, gelisah, sampai sakit punggung. Untuk mencegah timbulnya penyakit itu, berikut ada solusi yang berhasil dilansir dari Miss Kyra:

2 dari 6 halaman

1. Atur alarm

Tahan diri untuk menekan tombol snooze pada alarm di pagi hari. Bangunlah dari tempat tidur tepat saat alarm itu atau bangun tanpa harus menggunakan alarm sama sekali, agar membuat tubuh bangun secara alami.

ilustrasi jam© Shutterstock

2. Pertahankan rutinitas tidur

Bangun di jam yang sama setiap hari, baik itu hari kerja atau akhir pekan.

Mungkin akan butuh waktu untuk terbiasa. Namun, pastikan jadwal tidur tetap sama dan tidak tidur berlebihan meski di akhir pekan.

3 dari 6 halaman

3. Menghindari tidur siang

Tidur siang akan menyebabkan kelelahan sepanjang hari.

Jika tidur siang, akan sulit tidur di malam hari. Tetaplah bangun di siang hari untuk memperbaiki pola tidur.

ilustrasi tidur© Shutterstock

4. Hindari gadget sebelum tidur

Setiap orang pasti pernah mendengar nasihat dari sang ibu yang memberi tahu untuk tidak menggunakan ponsel, tablet, dan bahkan eBook di malam hari, tetapi kita seringkali tidak mendengarkan.

Jika ingin memperbaiki pola tidur, hindari diri dari gadget akan sangat membantu untuk tertidur di malam hari. Hal tersebut juga mencegah ketegangan mata, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

(Laporan: Raissa Anjanique)

4 dari 6 halaman

4 Tips Mengontrol Jam Tidur Selama Periode Jaga Jarak

Dream - Sebelum masa karantina, mungkin kamu termasuk tipe perempuan yang mengalami kesulitan tidur. Yang mengherankan, di masa jaga jarak (social distancing) seperti saat ini kamu justru semakin gampang tidur. 

Jika biasanya sangat sulit mendapatkan waktu istirahat yang cukup, kini kamu lebih sering berada di tempat tidur bahkan sampai ketiduran. Jadi jangan heran jika ada yang menyebut kamu Pelor atau `Nempel Molor`.

Tapi ingat ya, terlalu banyak tidur juga tidak baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut tips mengatur jam tidur saat menjalani masa social distancing.

5 dari 6 halaman

1. Menjauhi Tempat Tidur


Tidur Cukup© Shutterstock.com

Menghabiskan waktu di rumah bisa membuatmu merasa malas. Kamu melakukan semua kegiatan di tempat tidur. Untuk mengatasinya, jauhi tempat tidur ketika beraktivitas. Pergilah ke tempat tidur hanya ketika ingin beristirahat.

2. Mengontrol Jadwal

Mengatur Jadwal© Shutterstock.com

Kontrol waktu beraktiivitas dan beristirahat. Mungkin, kamu tidak akan langsung tertidur ketika ada di tempat tidur. Tapi, cara ini akan mempermudah tidur di waktu yang sudah ditentukan.

6 dari 6 halaman

3. Berolahraga di Rumah


Berolahraga di Rumah© Shutterstock.com

Berolahraga akan memperlancar peredaran darah dan membuat kita lebih mudah tertidur. Tapi, jangan berolahraga sebelum tidur. Lakukanlah di pagi, siang atau sore hari.

4. Mendengarkan ASMR

Mendengarkan ASMR© Shutterstock.com

ASMR atau autonomous sensory meridian response membantu menenangkan pikiran dan mempermudah tertidur. Dengarkanlah beberapa audio ASMR yang dapat membuatmu tenang.

Join Dream.co.id