Tips Tidur Lelap, Begini Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

Fresh | Selasa, 2 Juli 2019 12:12
Tips Tidur Lelap, Begini Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Masalah susah tidur bisa dialami oleh siapa saja, dan untuk mengatasi masalah tidur ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Dream - Masalah tidur bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Seperti jam tidur yang singkat dengan waktu aktivitas yang banyak, bisa membuat badan kelelahan.

Panjang pendeknya durasi jam tidur akan mempengaruhi energi, produktivitas, keseimbangan emosi, dan bahkan berimbas ke berat badan.

Dengan jam dan kualitas tidur yang baik, tentu dapat meningkatkan produktivitas dan juga energi. Oleh sebab itu, memiliki jam tidur dan siklus tidur yang baik sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ada banyak kebiasaan dan gaya hidup yang bisa membuat kita sulit tidur di malam hari. Dari sinilah masalah mulai terjadi, gangguan tidur yang dialami dapat merembet ke permasalahan lain.

Sahabat Dream jangan khawatir, berikut beberapa tips tentang cara agar cepat tidur:

2 dari 6 halaman

Buat Siklus Tidur yang Baik

Menyelaraskan siklus tidur dengan jam bangun adalah salah satu cara agar cepat tidur. Dengan siklus tidur yang baik, akan membuat jadwal harian dan aktivitas di siang hari juga ikut teratur.

Cara agar cepat tidur adalah dengan tidur di jam yang sama setiap harinya.

 cara agar cepat tidurcara agar cepat tidur © Shutterstock


Jika hal itu sudah menjadi kebiasaan, maka dengan otomatis tubuh akan mengikuti siklus tersebut dan lebih cepat untuk tertidur.

Begitu pula sebaliknya, jika tubuh terbiasa tidur begadang hingga larut, makan kebiasaan ini akan diikuti oleh tubuh dan akan susah untuk tidur di jam yang berbeda.

Selain itu, untuk mengatasi sulit tidur di malam hari, kita juga harus pandai untuk mengatur jam istirahat di siang hari.

Apabila siang kita istirahat berlebihan, maka malam hari kita akan mengalami kesulitan untuk tidur. Ada juga beberapa tips lain yang bisa dipakai sebagai cara agar cepat tidur, seperti:

-    Menghindari tidur di akhir pekan.
-    Mengupayakan tidur di jam yang sama setiap hari
-    Mengatur jam istirahat di siang hari

3 dari 6 halaman

Mengatur Pencahayaan Kamar

Melatonin adalah hormone alami yang mengatur paparan cahaya masuk dan bisa mempengaruhi siklus tidur seseorang. Otak membutuhkan banyak melatonin ketika gelap dan akan membuat kita mudah tidur.

Sebaliknya, otak akan sedikit memproduksi melatonin apabila banyak paparan cahaya yang masuk, dan akan membuat kita sulit tidur.

Ada beberapa aspek lain yang bisa mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh seperti:

-    Paparan sinar matahari di pagi hari, akan mengurangi produksi melatonin dan akan membuat kita bangun ketika sedang tidur.
-    Menghabisakan banyak waktu di luar ruangan ketika siang hari, juga akan mempengaruhi produksi melatonin.

 cara agar cepat tidurcara agar cepat tidur © Shutterstock


-    Memberikan ventilasi udara masuk, dengan paparan sinar matahari langsung.

Dan, cara untuk mengatasi masalah cahaya di malam hari bisa dengan:
-    Menghindari cahaya layar selama 1-2 jam sebelum tidur.
-    Menghindari menonton TV di malam hari.
-    Pastikan ruangan ketika hendak tidur.
-    Jalan main HP ketika hendak tidur.

4 dari 6 halaman

Olah Raga Rutin

Cara agar cepat tidur lainnya adalah dengan melakukan olah raga ringan setiap hari dan rutin.

Orang yang melakukan olahraga secara rutin akan mengalami kualitas tidur yang baik, dan terhindar dari gejala seperti insomnia, apnea dan lain sebagainya.

 cara agar cepat tidur © Dream


Dengan berolah raga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, mengatur suhu tubuh, dan menstimulasi hormone korsitol.

Untuk waktu olah raga tidak dibatasi, yang terpenting jangan berolahraga ketika mendekati jam tidur.

Dengan berolah raga di sore hari, misalnya, akan membuat tubuh ingin lekas beristirahat dan akan memudahkan kita untuk cepat tidur.

5 dari 6 halaman

Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat

Pilihan makanan di siang hari juga menjadi pengaruh terhadap kualitas tidur kita. Berikut beberapa tips memilih makanan dan minuman sebagai cara agar cepat tidur:

-    Mengurangi kafein dan nikotin. Kafein yang terkandung dalam kopi dan teh bisanya menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Begitu pula kandungan nikotin dalam rokok. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsinya 12 jam sebelum tidur.

 cara agar cepat tidur © Dream


-    Menghindari makan besar di malam hari. Setidaknya makan malamlah 2 jam sebelum jam tidur, karena makan berat akan membuat perut terganggu ketika tidur.
-    Hindari minum banyak air di sore hari, karena dapat membuat kita terbangun saat tidur untuk buang air kecil.

6 dari 6 halaman

Menjernihkan Pikiran Ketika Hendak Tidur

Ketika mengalami susah tidur, kadang kondisi mental kita sedang bermasalah.

Seperti stres, banyak pikiran, dan rasa marah, akan membuat kualitas tidur kita terganggu. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan cara berikut ini:

-    Mengubah pikiran dan membayangkan hal yang positif dan kurangi rasa kekhawatiran yang berlebih ketika hendak tidur.
-    Apabila karena tekanan kerja, kita bisa melakukan konsultasi untuk meredakan stres.
-    Ketika beraktivitas di siang hari, usahakan untuk membuat daftar apa yang harus dikerjakan, sehingga akan mengurangi kekhawatiran di malam hari.

 cara agar cepat tidur © Dream


Selain itu, kita juga bisa menenangkan pikiran dengan mengambil nafas yang dalam dan memijat tubuh sehingga menimbulkan efek santai dan akan membuat tubuh cepat tidur. (ism, sumber: Help Guide )

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id