Tips Merawat Area Mata Agar Tidak Cepat Alami Penuaan

Fresh | Selasa, 14 Januari 2020 06:14
Tips Merawat Area Mata Agar Tidak Cepat Alami Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Caranya mudah banget!

Dream - Kulit di sekitar mata diklaim paling rentan dibandingkan area lainnya karena lapisannya yang sangat tipis. Bagian itu pula sering terkena paparan matahari sehingga perawatannya memerlukan perhatian lebih besar. 

Sahabat Dream pasti tahu jika kulit di area mata paling cepat mengalami penuaan. Tentu kamu tak mau tampil di depan rekan kerja atau teman hangout dengan tanda-tanda penuaan di bagian tubuh tersebut. 

Nah, untuk mencegahnya Sahabat Dream perlu melakukan perawatan lebih intensif di area sekitar mata.

Mengutip laman Times of India, berikut tips merawat kulit di area mata.

2 dari 7 halaman

Jangan terlalu sering mengusap area sekitar mata terlalu kasar

Hal ini memicu timbulnya kerutan dan garis halus. Berhati-hatilah ketika menghapus makeup mata atau memakai skincare.

Gunakan tabir surya

Hal ini digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sahabat Dream bisa menggunakan kacamata anti sinar UV untuk perlindungan ekstra. Pilih tabir surya yang mengandung zinc peroxide agar tidak mengiritasi mata.

shutterstock© shutterstock.com

3 dari 7 halaman

Hati-hati saat memilih produk

Terutama, produk yang digunakan di area mata seperti krim, eyeshadow atau concealer. Perhatikan bahan yang terkandung. Hindari bahan berbahaya dan terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi, kemerahan atau masalah kulit lainnya.

Gunakan produk khusus

Tentunya yang diperuntukkan bagi area mata dan mengandung retinol, asam hyaluronat, polipeptida, vitamin B, C dan K, kafein, ceramide serta pelembap.

shutterstock© shutterstock.com

4 dari 7 halaman

Batasi konsumsi garam

Lebih banyak mengonsumsi seledri, asparagus serta pisang yang dapat mengatasi lingkaran hitam.

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Coba tambahkan timun, jeruk, lemon atau jeruk limau untuk dijadikan infused water.

shutterstock© shutterstock.com

5 dari 7 halaman

Mata Kering Sangat Menyiksa, Jangan Disepelekan

Dream - Kualitas udara yang semakin buruk memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bukan hanya menyebabkan masalah pernapasan, tapi juga memicu mata kering (dry eyes). Terutama jika Sahabat Dream sering menggunakan gadget.

Mata kering sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, gangguan tersebut bisa memicu kerusakan permanen pada mata.

" Kalau nggak segera ditangani, bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata jadi cepat capek dan ketergantungan obat tetes. Mata kering juga menyebabkan kerusakan permukaan mata dan menyebabkan peradangan atau infeksi permanen kalau dibiarkan," kata Nina Asrini Noor, seorang dokter mata, di acara Kenali Gejala dan Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2019.

6 dari 7 halaman

Gatal, mengganjal dan kemerahan

Mata kering merupakan salah satu masalah mata yang sangat umum. Terjadi ketika lapisan air mata mengalami ketidakstabilan. Kualitas atau kuantitasnya mengalami gangguan yang bersifat multifaktor.

Mata Kering Saat Pakai Makeup? Ini Sebabnya© MEN

Gejala mata kering ditandai oleh mata yang mengganjal, sering merah, mata panas, berair, terasa kering, dan sensasi berpasir. Termasuk sering timbul kotoran mata, terasa lengket dan sering mengucek mata.

" Biasanya mata kering juga ditandai dengan mata yang mudah lelah dan sensitif sama cahaya, jadi gampang silau. Dan mata kering juga membuat fokus mata lama-lama menurun," ujar dr. Nina

7 dari 7 halaman

Penyebab mata kering

Semua gejala tersebut bisa disebabkan oleh paparan AC yang terlalu lama atau bekerja di hadapan monitor. Bisa juga penggunaan lensa kontak dan kedipan mata kurang maksimal.

Mata Gatal Sebaiknya Jangan Dikucek© MEN

" Salah satu faktornya memang karena aktivitas visual di mana sangat high attention dengan gadget atau menyetir lama. Faktor berkedip sangat penting untuk menjaga air dan permukaan mata. Karena pasti kita lupa berkedip dan kedipannya nggak complete," kata Nina.

Cara mengatasi mata kering

Oleh karena itu, Nina menyarankan untuk memaksimalkan kedipan mata di mana kelopak atas dan bawah bertemu. Gerakan ini bisa mengurangi gejala mata kering. Solusi lainnya adalah mengompres mata dengan air hangat.

Insto© Dream

" Bisa juga memakai obat tetes mata atau berkonsultasi ke dokter supaya mata tetap steril, ternutrisi dan permukaannya tetap rata serta penglihatannya tetap baik," tutupnya.

Join Dream.co.id