Tips Menyimpan Obat yang Benar, Aturan Aman Membuang yang Kedaluwarsa

Fresh | Rabu, 16 Oktober 2019 09:43
Tips Menyimpan Obat yang Benar, Aturan Aman Membuang yang Kedaluwarsa

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Salah menyimpan obat bisa menjadi kesalahan fatal. Obat yang didiamkan terlalu lama bisa berubah menjadi racun karena zat di dalamnya telah rusak.

Dream - Setiap keluarga biasanya memiliki persediaan obat. Apabila suatu saat memerlukan obat, Sahabat Dream tak perlu repot pergi ke apotek.

Stok obat-obatan memang memudahkan kita di situasi darurat. Tapi apakah obat sudah tersimpan dengan baik di tempatnya?

Salah menyimpan obat bisa menjadi kesalahan fatal. Obat yang didiamkan terlalu lama bisa berubah menjadi racun karena zat di dalamnya telah rusak.

Selain kadaluwarsa, beberapa hal juga berisiko mengubah kandungan zat aktif di dalam obat. Misalnya suhu ruangan.

" Beberapa obat harus disimpan di dalam kulkas, bahkan freezer. Tapi banyak juga yang sebenarnya tidak perlu, cukup disimpan di suhu ruang. Makanya harus dikonsultasikan dengan apoteker ketika membeli obat," ujar Nurul Falah Eddy Pariang, Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di konferensi pers Merck, Jakarta, Selasa 15 Oktober 2015.

2 dari 3 halaman

Tanggal Kadaluwarsa

Jangan pernah sepelekan tanggal kadaluwarsa di kemasan produk. Tanyakan juga pada apoteker perihal daya tahan obat. Umur obat dapat berubah jadi lebih pendek dengan kondisi tertentu.

 Obat Kadaluwarsa

" Contohnya jenis obat sirup kering untuk anak-anak. Sebelum dicampur dan dalam keadaan kering, expired date biasanya masih setahun. Tapi kalau sudah dicampur sehingga jadi sirup pada umumnya kadalwarsa dalam 15 hari," jelasnya.

Hal seperti ini juga berlaku pada obat tetes mata. Ketika sudah dibuka, obat tetes mata hanya boleh digunakan maksimal 7 hari. " Karena sudah tidak steril. Terkena udara jadi oksidasi."

3 dari 3 halaman

Membuang Obat

Obat yang sudah rusak atau dibuang dalam kondisi belum habis sebaiknya tidak dibuang begitu saja. Akibatnya bukan hanya meracuni lingkungan.

" Banyak kasus anak-anak yang mengira obat tablet bekas sebagai permen. Sangat berbahaya," kata Nurul.

 Obat Kadaluwarsa

Obat jenis sirup sebaiknya dituang ke dalam plastik sebelum dibuang. Kumpulkan obat-obatan yang telah rusak atau kadaluwarsa dan bawa ke tempat pembuangan khusus.

" Cari dinas lingkungan, bawa ke sana. Obat itu kan mengandung zat aktif farmasi dan senyawa kimia. Jadi lebih baik dibuang ke tempat yang memiliki insenerator," tegasnya. (ism)

Terkait
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah
Join Dream.co.id