Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Agar Tidak Mengantuk

Fresh | Rabu, 14 April 2021 10:11
Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Agar Tidak Mengantuk

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu juga cara tetap fokus saat berpuasa.

Dream - Saat berpuasa, stamina tubuh bisa menurun drastis. Terutama, jika kamu tidak terbiasa berpuasa selain di bulan Ramadan. Tapi dengan beberapa trik, kamu bisa beraktivitas seperti biasa dan memiliki stamina yang maksimal.

Stamina pun akan meningkat dengan pola makan serta pola hidup yang sehat. Sehingga, kamu harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat sahur serta buka puasa.

Dilansir Sehatq.comberikut tps dan trik untuk memperoleh stamina yang maksimal selama puasa.

Minum air putih cukup

Hal utama yang harus diperhatikan saat berpuasa adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga, kamu tidak dehidrasi, tetap fokus dan kulit pun tidak kasar.

2 dari 3 halaman

Jangan menuruti rasa malas

Jangan biarkan tubuhmu kekurangan aktivitas. Beraktivitaslah seperti biasa, terutama berolahraga secara rutin.

Bila perlu, kamu bisa melakukan meditasi agar lebih tenang dan meningkatkan fokus untuk bekerja seharian. Namun, jangan beraktivitas terlalu berlebihan agar tidak mudah dehidrasi.

Jangan makan berlebihan saat berbuka

Ini hal yang sangat sering dilakukan saat berbuka puasa. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak sehat untuk pencernaan.

Perutmu akan terasa kembung dan tubuh pun mudah lelah serta mengantuk. Makanlah secukupnya dan sedikit demi sedikit agar lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi protein

Makanan yang kaya akan protein seperti dada ayam, kacang-kacangan atau yogurt dapat membuat tubuhmu lebih berenergi. Mengonsumsi makanan kaya protein juga mampu mempertahankan massa otot yang menyusut saat berpuasa.

Mengonsumsi makanan segar

Makanan segar akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Sehingga, kamu tidak mudah lelah dan mengantuk. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan saat sahur maupun berbuka puasa.

Mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis juga bisa membuatmu mudah mengantuk serta lelah. Jadi, pilihlah makanan yang dikonsumsi setiap sahur dan berbuka puasa.

Berolahraga ringan

Tetaplah berolahraga ketika berpuasa. Tapi, pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga atau pekerjaan rumah yang bisa menguras kalori. Ini akan membuatmu lebih segar dan berenergi.

Join Dream.co.id