Tips Menjaga Pola Makan untuk Meredakan Gejala Epilepsi

Fresh | Kamis, 13 Agustus 2020 09:45
Tips Menjaga Pola Makan untuk Meredakan Gejala Epilepsi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Redakan kejang dengan cara ini.

Dream - Pola makan sehat dapat mencegah berbagai penyakit, tak terkecuali epilepsi atau kejang. Meski belum ada penelitian membuktikan bahwa pola makan tertentu dapat mencegah epilepsi, namun kondisi pengidapnya bakal lebih stabil dengan cara itu. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Neuroscience, diet ketogenik atau pola makan rendah karbohidrat serta tinggi lemak akan mengurangi gejala epilepsi.

Dilansir oleh Sehatq.com, berikut jenis makanan yang dapat mengurangi gejala epilepsi.

 

 

2 dari 4 halaman

Makanan tinggi gula

Cake© Pexels.com

Makanan yang memiliki tinggi kadar indeks glikemik akan meningkatkan gula darah dan memperburuk kondisi penderita epilepsi. Maka dari itu, hindari nasi putih, kue, cokelat, madu, semangka serta lainnya.

3 dari 4 halaman

Makanan mengandung MSG

Makanan mengandung MSG© Pexels.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Neuroscience Letters mengklaim MSG berlebih dapat mengubah saraf dan memicu kekambuhan pada penderita epilepsi.

4 dari 4 halaman

Minuman yang mengandung kafein

Kopi© Pexels.com

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat menstimulasi sistem saraf pusat dan diklaim bisa memicu kejang.

Jika ingin meredakan epilepsi, coba konsumsi daging merah yang mengandung protein dan lemak, buah, sayur serta makanan rendah karbohidrat.

(Sumber: Sehatq.com)

Join Dream.co.id