Tips Mengonsumsi Vitamin D Agar Efektif Mencegah Covid-19

Fresh | Sabtu, 21 November 2020 17:27
Tips Mengonsumsi Vitamin D Agar Efektif Mencegah Covid-19

Reporter : Cynthia Amanda Male

Konsumsi vitamin D berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dream - Vitamin D sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, menguatkan tulang, gigi, otot serta meningkatkan fungsi sel. Bahkan, vitamin D dapat menurunkan risiko terkena virus corona.

Tapi, mengonsumsi vitamin D terlalu banyak juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, 82,2 persen dari 216 pasien Covid-19 kekurangan vitamin D.

Mereka juga memiliki prevalensi tinggi terhadap hipertensi serta penyakit kardiovaskular lainnya. Sehingga, mereka akan lebih sulit untuk sembuh.

Dilansir dari Times of India, peneliti menyatakan bahwa kadar vitamin D yang cukup akan mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh serta mempermudah penyembuhan.

Penelitian di Boston University juga menyatakan bahwa kadar vitamin D dalam tubuh bisa meredakan kebutuhan akan oksigen.

Sebuah pernyataan membuktikan bahwa hanya 9,7 persen orang yang berusia lebih dari 40 dan kekurangan vitamin D meninggal karena virus.

Sementara 20 persen yang memiliki kadar vitamin D yang cukup mengalami proses penyembuhan lebih cepat. Meski cukup berpengaruh pada kesehatan, namun konsumsi vitamin D berlebih akan berbahaya.

2 dari 2 halaman

Dampak konsumsi vitamin D berlebihan

Mengonsumsi Suplemen© Shutterstock.com
National Health Services (NHS) menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen terlalu banyak dalam waktu singkat dapat menyebabkan hiperkalsemia atau memiliki kalsium terlalu banyak pada tubuh.

Tidak hanya melemahkan tulang, kondisi tersebut juga berdampak buruk pada ginjal. Sehingga, risiko terinfeksi Covid-19 lebih tinggi.

NHS tidak menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 100mcg vitamin D per hari. Konsumsilah 10mcg vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian.

Bila perlu, konsumsi vitamin D dari sumber alami seperti susu, udang, jamur dan kuning telur.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id