Tips Menggunakan Essential Oil Sesuai Kebutuhan

Fresh | Minggu, 1 Agustus 2021 10:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Agar lebih aman serta efektif untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Dream - Sebagian orang kerap menggunakan essential oil. Selain untuk pengharum ruangan, essential oil juga bisa untuk terapi relaksasi

Essential oil sendiri terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan yang dijadikan ekstrak agar lebih mudah digunakan. Aroma dari essential oil akan memengaruhi kelenjar sensori pada otak untuk mengatasi atau meredakan masalah kesehatan.

Namun, menurut laporan Times of India, essential oil tidak bisa digunakan sembarangan. Masing-masing essential oil memiliki cara pemakaian dan fungsi yang berbeda-beda.

Tea tree oil bersifat antiseptik, lavender oil bisa menenangkan, eucalyptus bisa menjadi disinfektan alami, dan lain-lain. Untuk beberapa jenis, essential oil bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau dihirup.

Tapi, beberapa jenis lainnya membutuhkan base atau carrier oil seperti coconut maupun jojoba vegetable oil. Tidak semua essential oil bisa digunakan oleh semua orang. Ibu hamil disarankan untuk menghindari aroma yang terlalu menyengat.

Kamu juga disarankan untuk tidak terlalu sering memakai essential oil agar terhindar dari efek samping. Apalagi, jika digunakan dengan cara tidak tepat.

Tips Menggunakan Essential Oil Sesuai Kebutuhan
Menggunakan Essential Oil. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Tips Membedakan Essential Oil Sesuai Kebutuhan

Dream - Jika kamu suka memakai essential oil, mungkin pernah melihat beberapa merek yang tersedia di pasaran. Sekilas, semua produk tersebut terlihat sama.

Namun, masing-masing memiliki kualitas yang berbeda. Kamu perlu menyesuaikan kualitas dan jenis esential oil dengan kebutuhanmu.

Menurut Frangky Angelo Purnomo, Head of New Category Development & Communication Tupperware Indonesia, terdapat 4 tingkatan essential oil.

" Yang pertama adalah essential oil yang bahan alaminya sedikit sekali dan banyak bahan kimianya lebih banyak. Biasanya, untuk pengharum ruangan dan harganya kisaran Rp75-100 ribuan," tuturnya dalam peluncuran Trulife Essential Oil by Tupperware, Selasa kemarin.

Essential oil tingkat dua mengandung 50 persen bahan kimia seperti alkohol dan sisanya adalah ekstrak daun, bunga atau bagian tumbuhan lainnya.

" Di tingkat ketiga, ada jenis essential oil food grade untuk makanan. Jadi, bukan aromatherapy. Terakhir yang paling tinggi itu therapeutic, yaitu essential oil yang terbuat dari 100 persen bahan alami. Biasanya, digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari" .

Essential oil yang terbuat dari seratus persen bahan alami bisa diketahui dengan melihat kandungan pada kemasan.

Umumnya, essential oil yang mencantumkan nama latin dan mengandung hanya satu kandungan tergolong therapeutic. Sehingga, bisa digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan dan pengharum ruangan.

3 dari 5 halaman

2 Campuran Minyak Alami Samarkan Stretch Marks

Dream Stretch marks merupakan kondisi kulit yang kerap terlihat pada seseorang ketika mengalami peningkatan atau penurunan berat badan drastis.

Kondisi ini disebabkan oleh tekanan pada kulit ketika mengalami peregangan. Biasanya, kondisi ini terlihat pada ibu hamil.

Jika ingin menyamarkan stretch marks, gunakanlah minyak berbahan alami yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini:

4 dari 5 halaman

Gula dan Castor Oil

 Gula
© Pexels.com

5 dari 5 halaman

Lidah Buaya dan Castor Oil

 Lidah Buaya
© Shutterstock.com

Sediakan masing-masing satu sdm aloe vera gel dan castor oil. Campurkan hingga merata dan aplikasikan pada stretch marks sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari.

(Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id