Tips Memulihkan Tenaga Setelah Mudik Lebaran

Fresh | Senin, 10 Juni 2019 17:16
Tips Memulihkan Tenaga Setelah Mudik Lebaran

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Mudik, perjalanan panjang, silaturahmi sana-sini, dan liburan panjang, walau senang tapi sangat memelahkan badan. Kembali ke rutinitas sehari-hari bisa membuat tubuh kita lemas, yuk charge energi!

Dream - Mudik dan libur panjang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat Lebaran. selain bersilaturahmi dengan kerluarga, momen Lebaran di kampung halaman juga diisi dengan berbagai kegiatan, misalnya berwisata.

Karena padatnya agenda saat Lebaran, tak jarang tubuh menjadi kelelahan. Sehingga saat kembali masuk kerja, atau balik ke perantauan, tenaga menjadi berkurang dan kurang konsentrasi.

“ Ketika tubuh merasa lelah, kemungkinan konsentrasi pada pekerjaan akan berkurang, bisa juga rasa sabar menurun dan meningkatkan frustasi,” ujar ahli gizi New York University, Samantha Heller, dikutip dari Web MD, Senin 10 Juni 2019.

Meski demikian, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan energi dan memulihkan tenaga selepas libur panjang.

2 dari 5 halaman

Perbanyak Konsumsi Makanan Bermagnesium dan Biji-bijian

Asupan Magnesium harian yang direkomendasikan para ahli nutrisi, ialah 300 mg untuk wanita, dan 350 mg untuk pria. Apabila tubuh kita kekurangan Magnesium, detak jantung akan lebih tinggi dan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, Magnesium sangat diperlukan tubuh untuk beraktivitas.

Selain mengonsumsi makanan yang bermagnesium, untuk memulihkan tenaga dan menambah energi selepas mudik, ialah dengan mengonsumsi biji-bijian. Dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition, sebagaimana dikutip Web MD, menyatakan bahwa biji-bijian dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

 Memulihkan Tenaga Setelah Lebaran

Memilih makan yang tepat, ternyata dapat membantu memulihkan tenaga setelah mudik lebaran dan mengembalikan semangat kita, Sahabat Dream. Yuk, perbanyak konsumis biji-bijian.

3 dari 5 halaman

Perbanyak Minum Air Putih dan Kurangi Konsumsi Gula

Dehidrasi bisa saja dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Bahkan terkadang rasa lapar yang muncul tiba-tiba adalah gejala dehidrasi. Jadi, ketika kita merasa lapar secara tiba-tiba, minum air putih bisa jadi penanganan pertama dalam kelaparan, Sahabat Dream.

Tidak hanya itu, ternyata dehidrasi juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan aktivitas fisik. Rasa lemas dan tidak bertenaga yang kita rasakan selepas mudik, bisa jadi karena tubuh kita kekurangan air.

Setelah memperbanyak minum air putih, untuk memulihkan tenaga setelah mudik lebaran, ada baiknya kita mengurangi konsumsi gula. Menjaga keseimbangan gula darah menjadi kunci utama untuk menjaga kestabilan energi tubuh. Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula, terlebih setelah banyak mengonsumsi makanan ringan sajian ketika bersilaturahmi ke saudara.

4 dari 5 halaman

Power Nap

Power Nap sama seperti halnya beristirahat, dengan menghabiskan waktu 60 menit untuk sepenuhnya beristirahat, atau tidur. Hal ini didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Metal Health. Tentu hal ini baik untuk memulihkan tenaga setelah mudik lebaran.

 Memulihkan Tenaga Setelah Lebaran

Dikutip dari Web MD, penelitian tersebut menyatakan bahwa, dengan power nap dapat mengembalikkan efek dari informasi-informasi yang sudah kita terima. Sehingga, rasa lelah akan terganti dengan informasi yang sudah kita dapatkan sebelum merasa lelah.

5 dari 5 halaman

Periksakan Kondisi Tubuh

Setelah mengunjungi banyak saudara, dan makan banyak sajian yang dihidangkan, dari opor ayam sampai ketupat dan lontong, tentu tubuh kita harus bekerja keras menyesuaikan diri. Tidak hanya berat badan yang bertambah selepas lebaran. Kondisi kesehatan tubuh kita pasti juga mengalami perubahan.

Untuk menambah energi dan memulihkan kembali tenaga kita selepas lebaran, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan tubuh, seperti cek fungsi tiroid dan cek darah. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh kita setelah banyak mengonsumsi makanan yang beragam, dan bersantan. Jadi, Sahabat Dream sudah naik berapa kilo setelah lebaran?

Selamat memulihkan tenaga, selamat bekerja!

Sumber: Web MD

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id