Bersihkan Miss V dengan Benar Setelah Menstruasi

Fresh | Kamis, 28 Mei 2020 13:12
Bersihkan Miss V dengan Benar Setelah Menstruasi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bersihkan dengan cara yang tepat.

Dream - Saat haid, area intim mengeluarkan kotoran berupa darah. Kondisinya lebih lembap dan bakteri jadi berkembang biak dengan mudah.

Untuk itu, kamu perlu membersihkan miss V secara optimal setelah menstruasi. Namun, kamu juga perlu memerhatikan cara yang tepat untuk membersihkannya agar lebih efektif. 

Dilansir dari Fustany.com, berikut tips membersihkan miss V yang tepat setelah menstruasi.

1. Setelah menstruasi, bersihkan miss V untuk menghilangkan sisa darah maupun cairan lainnya dan mencegah infeksi.

2. Bersihkan miss V dengan gerakan searah, mulai dari depan ke belakang secara perlahan. Gunakan handuk bersih dan air hangat saat melakukannya.

Bersihkan dari tepi miss V hingga sisi klitoris. Lalu, ke arah anus untuk memastikan tidak ada bakteri pada miss V. Setelahnya, bersihkan handuk dan keringkan.

3. Hindari sabun berbahan keras atau sabun mandi saat membersihkan miss V. Ini akan membuat miss V kering, gatal dan mengganggu kadar pH.

Pilih sabun yang ph-nya sesuai dengan miss V dan berbahan alami, atau konsultasikan dengan ginekologis.

4. Jika miss V terasa gatal setelah menstruasi, coba berendam ke dalam campuran air hangat dan setengah cangkir garam. Penuhi bak mandi dengan campuran tersebut dan berendamlah dalam posisi squat. ini akan membersihkan miss V dan mengatasi gatal.

5. Setelahnya, keringkan miss V untuk mencegah infeksi.

Agar miss V lebih sehat, cukurlah bulunya untuk mencegah bersarangnya bakteri. Tapi, jangan mencukurnya sampai habis karena justru akan membuat miss V lebih lembap dan bakteri mudah masuk ke area sensitif.

Pakailah pakaian dalam berbahan katun untuk menjaga kesegaran dan kesehatan miss V. Konsumsi jus delima, beri-berian atau nanas yang baik untuk kesehatan miss V. (mut)

(Sumber: Fustany.com)

 

2 dari 5 halaman

4 Kesalahan Perawatan Miss V yang Bisa Sebabkan Infeksi

Dream - Miss V merupakan area sensitif yang membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat. Merawat miss V bukan sekadar membersihkannya secara rutin.

Kamu juga perlu mengetahui perawatan yang perlu dihindari.

Dilansir dari Fustany.com, berikut kesalahan perawatan miss V yang bisa mengganggu kesehatan area sensitif itu.

Membersihkan Miss V dengan Cara yang Salah

 Membersihkan Miss V© Shutterstock.com

Hindari menggunakan sabun mandi untuk membersihkan miss V. Miss V merupakan area yang sangat sensitif. Pilihlah sabun yang tidak mengandung parfum dan gunakan air hangat.

3 dari 5 halaman

Tidak Mengganti Menstrual Pad

 Menstrual Pad© Shutterstock.com

Gantilah menstrual pad secara rutin setiap 3-4 jam sekali ketika datang bulan untuk mencegah infeksi dan bersarangnya bakteri. Bawalah menstrual pad kemanapun kamu pergi agar bisa menggantinya secara rutin.

4 dari 5 halaman

Tidak Mengganti Pakaian Dalam

 Pakaian Dalam© Shutterstock.com

Jangan lupa mengganti pakaian dalam. Minimal sekali sehari. Jika tidak, miss V bisa mengalami infeksi, gatal, ruam, iritasi dan masalah lainnya. Bila perlu, pakailah pakaian dalam berbahan katun.

5 dari 5 halaman

Mencukur Bulu Miss V dengan Cara yang Salah

 Alat Cukur© Shutterstock.com

Hindari hair removal cream ketika ingin mencukur bulu miss V. Hair removal cream mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit sensitif. Sebaiknya, lakukan shaving, sugaring atau waxing.

(Sumber: Fustany.com)

Join Dream.co.id