Tips Agar Resolusi Diet di 2019 Lancar

Fresh | Minggu, 30 Desember 2018 09:47
Tips Agar Resolusi Diet di 2019 Lancar

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Jangan sampai resolusimu cuma jadi mimpi.

Dream - Menurunkan berat badan selalu ada di daftar resolusi tahun baru. Sayangnya, tak jarang hal tersebut hanya berakhir jadi wacana.

Banyak orang rela menyusun cara yang terlalu drastis, seperti membatasi pola makan hingga olahraga berlebihan. Akibatnya, hal itu justru menggagalkan rencana diet.

Padahal Anda bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan hal yang menyiksa. Hanya butuh konsistensi dalam mengatur pola hidup.

Tak melulu perlu yang berat-berat. Beberapa langkah sederhana justru dapat membakar kalori lebih mudah.

Melansir dari Popsugar, berikut pola sederhana di setiap bulan untuk menurunkan berat badan sepanjang 2019.

2 dari 4 halaman

Januari - April

Januari: Memakai Fitness Tracker

Fitness tracker merupakan alat untuk memantau aktivitas fisik seperti denyut jantung, jarak tempuh hingga jumlah kalori terbakar. Alat ini biasanya berbentuk gelang, kalung dan aplikasi ponsel.

 Fitness TrackerFitness Tracker © Foto: Shutterstock

 
Cobalah gunakan fitness tracker setiap hari meski sedang tidak berolahraga. Pantau secara rutin agar tahu seberapa persis pola aktivitasmu.

Februari: Mulai Melakukan Latihan Berat Badan

Latihan berat badan dapat membakar kalori lebih efektif karena melibatkan massa otot. Tak perlu repot memakai alat, Anda bisa melakukan gerakan sederhana.

Lakukan push up, pull up, squat, lunges dan jumping jacks selama 30 menit.

Maret: Minum Air Putih Lebih Banyak

Mulailah lakukan hal yang paling sederhana dengan minum air putih. Meminum air putih yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 30 persen lebih cepat.

April: Asupan Karbohidrat dan Gula di Pagi Hari

Karbohidrat dan gula lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tubuh bisa mendapat lebih banyak kesempatan untuk membakarnya.

3 dari 4 halaman

Mei - Agustus

Mei: Perbanyak Protein

Protein mampu membakar kalori lebih efektif dibandingkan zat lainnya. Anda juga dapat lebih mudah menahan rasa lapar karena protein bersifat lama untuk dicerna.

 Ini Asupan Protein Berkualitas dari Sumber NabatiIni Asupan Protein Berkualitas dari Sumber Nabati © © MEN

Perbanyak konsumsi protein sebanyak 30 persen dalam sehari. Konsumsi protein dari makanan sehat seperti yogurt, selai kacang dan telur rebus.

Juni: Mencoba HIIT Training

Jika sampai pada tahap ini, saatnya melakukan High-intensity Interval Training (HIIT). Jenis latihan tersebut mampu membakar banyak kalori dan mempercepat metabolisme.

HIIT dilakukan dengan cara menggabung sesi latihan intensitas sedang dengan intensitas tinggi, seperti jogging dengan sprint. Lakukan sesi latihan berintensitas tinggi selama 20 menit.

Juli: Tarik Napas Dalam-dalam

Menarik napas lebih dalam dapat menurunkan kadar stres dan mengontrol ritme jantung. Jika sedang bersantai, cobalah menarik napas dalam-dalam.

Agustus: Menyisakan Makanan

Mulailah untuk menyisakan sepertiga makanan di atas piring. Simpan sisa makanan dengan baik agar dapat dimakan lagi pada jam berikutnya.

4 dari 4 halaman

September - Desember

September: Atur Pola Tidur

Menurunkan berat badan mustahil dilakukan tanpa mengatur pola tidur. European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur justru mengonsumsi kalori lebih dari 385 setiap harinya.

 Tidur yang Dianjurkan dan Dilarang dalam Islam, Apa Saja?Tidur yang Dianjurkan dan Dilarang dalam Islam, Apa Saja? © © MEN



Oktober: Ubah Tempo Latihan

Tempo adalah waktu dan kecepatan saat latihan. Gunakan hitungan tempo delapan detik ketika olahraga untuk membakar lebih banyak.

November: Konsumsi Serat

Rata-rata orang hanya mengonsumsi serat sebanyak 15 gram setiap harinya. Tambahkan asupan serat dua kali lipat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Desember: Pertemanan yang Sehat

Diet akan lebih mudah dijalani dengan didampingi oleh teman yang suportif. Carilah teman yang mendukung pilihan Anda. Komunitas sehat bisa menjadi tempat terbaik untuk menjalani diet.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id