Tips Jitu Dion Wiyoko Atasi Dehidrasi

Fresh | Jumat, 1 November 2019 18:48
Tips Jitu Dion Wiyoko Atasi Dehidrasi

Reporter : Dwi Ratih

Ayo ikuti cara ampuhnya!

Dream - Sebagian wilayah di Indonesia masih menghadapi kekeringan. Cuaca terasa sangat terik sering kali membuat orang menghadapi masalah kesehatan, salah satunya dehidrasi.

Jangan pernah menyepelekan dehidrasi, karena saat itu tubuh mengalami kekurangan cairan akibat keringat yang keluar. Jangan main-main, dehidrasi bisa menyebabkan kematian, lho, Sahabat Dream!

Tapi kamu jangan khawatir, kamu bisa ikuti tips aktor Dion Wiyoko. Seperti apa, ya?

" Ya kita harus menjaga hidrasi dengan cara minum sebelum haus, menjaga pola makan, dan juga memastikan durasi tidur kita juga cukup," ujar Dion dalam acara Jelajah Kebaikan AQUA di Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat 1 November 2019.

 dion wiyoko

Dion Wiyoko (Dream/ Shania Suha Marwan)

Menurut pemain Cek Toko Sebelah ini, minum sebelum haus itu sangat penting. Dion mengatakan haus merupakan satu pertanda kita mengalami dehidrasi ringan.

2 dari 6 halaman

Pernyataan Dion pun dibenarkan Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K., Head of Indonesian Hydration Working Group

" Kalau sudah haus itu kita sudah mengalami dehidrasi sebesar satu persen,” kata Diana.

Jadi, jangan lupa untuk minum sebelum haus, ya, Sahabat Dream!

Laporan: Shania Suha Marwan

3 dari 6 halaman

5 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan, Jangan Diremehkan!

Dream – Manfaat air putih sudah banyak diketahui masyarakat. Selain sebagai pelepas dahaga, air putih juga memiliki sejumlah khasiat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh.

Sayangnya, masih banyak orang memilih melepas dahaga dengan mengonsumsi minuman bersoda. Padahal mereka tahu soda tak terlalu disarankan untuk menjadi minuman. 

Minuman bersoda tergolong minuman yang memiliki kalori dan gula yang tinggi sehingga dapat menambah berat badan kalian. Tidak hanya itu, minuman berenergi yang sering kalian pilih ternyata memiliki jumlah kafein dan gula yang cukup tinggi.

Sebaliknya, air putih merupakan salah satu jenis minuman yang terbebas dari kalori dan gula. Air putih juga merupakan pilihan paling sehat dan aman untuk dikonsumsi sebab bisa menjaga tubuh agar tetap memiliki cairan tubuh yang cukup.

Sebenarnya, terdapat berbagai macam jenis minuman yang ada di dunia ini, namun semua minuman tersebut tidak bisa benar-benar melepaskan dahaga kita dan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Kebutuhan akan cairan di dalam tubuh akan berbeda setiap orangnya. Namun pada orang dewasa, disarankan untuk mengonsumsi 2 liter setiap hari atau 8 gelas setiap hari. Dengan mengonsumsinya, kalian akan merasakan manfaat yang akan ditimbulkan oleh air putih.

Agar kamu semakin teryakinkan dengan manfaat air putih bagi kesehatan, Yuk simak informasinya berikut ini.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minum Air Putih: Memberikan Pasokan Oksigen

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!

Perlu untuk diketahui bahwa 60 persen dari tubuh manusia merupakan air. Fungsinya adalah membantu memberikan dan mengedarkan pasokan oksigen di dalam tubuh.

Kekurangan cairan dalam tubuh akan meningkatkan risiko terganggunya proses sistem dalam tubuh.

Tahukah kalian? Banyak mengonsumsi air putih tidak akan menimbulkan efek samping kepada tubuh kalian. Air putih dipastikan tidak mengandung lemak, gulakalori dan bahan-bahan bahaya lainnya sehingga aman bagi tubuh

5 dari 6 halaman

Manfaat Minum Air Putih: Meningkatkan Kecantikan

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!

Manfaat air putih selanjutnya adalah mampu meningkatkan kualitas kecantikan dan kesehatan tubuh kalian. Mengonsumsi air putih yang sesuai aturan akan memberikan efek baik berupa kulit yang lebih kenyal dan tidak kering.

Dengan efek tersebut, kalian juga akan mendapatkan manfaat berupa risiko gejala penuaan dini yang menurun. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan UW Health.

Dalam penelitiannya UW Health menyatakan seseorang yang kekurangan konsumsi air akan membuat kulit tampak kering, tidak kencang dan bersisik yang dapat mengakibatkan munculnya kerutan.

Manfaat Minum Air Putih: Mengontrol Suhu Tubuh

Selain sebagai pemasok oksigen ke dalam tubuhmu, air juga bermanfaat sebagai alat pengatur suhu tubuh secara alami. Air yang tersimpan di dalam lapisan tengah kulit bisa muncul kepermukaan kulit sebagai keringat terutama jika kalian berada di kondisi panas.

Tahukah kalian? Keringat mengeluarkan setidaknya 64 ons air.

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!


Keringat yang keluar saat kondisi panas dikarenakan adanya proses pendinginan di dalam tubuh. Hal itulah yang yang membuktikan bahwa air bisa menjadi alat pengatur suhu tubuh secara alami.

Sejumlah ilmuwan menyatakan bahwa dengan kadar air yang sedikit di dalam tubuh akan memicu peningkatan peyimpanan panas. Kamu tahu kan rasanya mengalami gerah berlebihan? Pasti tak nyaman. 

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Minum Air Putih: Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat minum air putih selanjutnya adalah mampu untuk mengatasi nyeri sendi. Tahukah kalian? Tulang rawan yang terdapat di persendian dan ckram tulang belakang mengandung setidaknya 80 persen air.

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!

Air berfungsi untuk melumasi persendian agar tidak menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Jika kalian mengalami dehidrasi, kemampuan penyerapan goncangan yang terjadi di persendian akan berkurang. Inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit di persendian.

Manfaat Minum Air Putih: Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain membantu menjaga kecantikan wajah da kulitmanfaat mimun air putih adalah menjaga kesehatan pencernaan. Usus sangat memperlukan pasokan air yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik.

Bila usus berkerja dengan maksimal, sistem pencernaan kalian akan sangat bagus dan terhindar dari gangguan penyakit. Mengonsumsi air putih juga bisa membantu melancarkan buang air besar kalian loh.

 5 Manfaat Minum Air Putih, Jangan Diremehkan!


Di sisi lain, mengonsumsi air putih secara rutin dan teratur juga akan membantu kalian untuk mengeluarkan toksin di dalam tubuh. Toksin dikeluarkan bersama dengan keringat dan urin. Kondisi ini akan membuat kalian terhindar dari resiko terkena penyakit batu ginjal.

(Sah, Sumber: doktersehat dan liputan6)

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id