Tips Jalani Hidup Ramah Lingkungan dari Agni Pratistha

Fresh | Senin, 14 Juni 2021 08:33

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu cara memilih produk yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan.

Dream - Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya peduli pada kondisi lingkungan. Tak hanya untuk kehidupan masa kini, mereka yang sudah tersadar sudah memikirkan generasi masa depan yang akan hidup di planet ini.

Salah satu aktris yang menjalani hidup ramah lingkungan adalah Agni Pratistha. Ia mulai menjalani gaya hidup ramah lingkungan sejak 7 tahun lalu.

" Saat mulai berumah tangga, punya anak satu, mulai sadar. Mulai perhatikan belanjaannya apa saja, sih. Dan ternyata, sampah yang dihasilkan banyak banget," katanya dalam virtual media gathering #MariBerbagiPeran Ciptakan Rumah Bersih, Indonesia Lestari, Kamis lalu.

Tersadar dengan kebiasaan salahnya, pemain film Mengejar Matahari ini mulai mencari tahu cara mengolah serta mengurangi jumlah sampah.

" Melakukan langkah kecil di rumah, memilah sampah, memilih produk ramah lingkungan dan baik untuk keluarga. Mulai cari ide sampah rumah tangga bisa diolah dan digunakan untuk apa saja" .

Tips Jalani Hidup Ramah Lingkungan dari Agni Pratistha
Agni Pratistha. (Source: Instagram @agnipratistha)
2 dari 3 halaman

Raskan Manfaat Terapkan Gaya Hidup Ramah lingkungan

 Hidup Ramah Lingkungan
© Shutterstock

Selain baik untuk alam, Agni juga merasakan manfaat kesehatan dari produk ramah lingkungan. Terutama, bagi anak ketiganya yang berusia 18 bulan.

" Dia suka masukin apapun ke mulutnya dan goler-goler di lantai. Jadi kalau pakai pembersih lantai yang berbahan kimia, bisa bahaya. Apalagi, dia ada asma. Kalau produk ramah lingkungan lebih aman," jelas aktris 33 tahun ini.

3 dari 3 halaman

Keuntungan Belanja Online

Sejak pandemi, ia mengaku lebih teliti saat berbelanja kebutuhan rumah tangga. Apalagi, kini dianjurkan untuk berbelanja dari rumah.

" Sebenarnya boleh belanja langsung, tapi dikasih timer sama keluarga. Jadi, rusuh. Aku pilih online aja, lebih menyenangkan dan bisa googling tentang produknya dulu sebelum beli" .

Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian Agnia sebelum membeli produk. Di antaranya adalah harapan bijak produsen, efek produk secara sosial dan lingkungan serta cara mengolah limbahnya.

" Coba untuk belajar berkreasi. Upcycle barang di sekitar yang nggak terpakai. Sampah dimasukkan ke kompos atau diolah lagi. Jangan lupa untuk melibatkan orang sekitar," tutupnya.

Join Dream.co.id