Tips Jaga Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Fresh | Kamis, 13 Mei 2021 11:29
Tips Jaga Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Reporter :

Hati-hati angka timbangan dan kolestrol meroket.

Dream - Hadirnya pandemi Covid-19 ke Indonesia sejak 2020 silam mengharuskan kita semua untuk selalu fit agar sedikit mengurangi pemaparan virus Covid-19.

Tentu, hal itu memberikan perubahan khususnya dalam pola hidup kita, salah satunya kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan sehat.

Pola makan yang sehat dipercaya dapat meningkatkan Imunitas tubuh kita. Hal ini sejalan dengan cara untuk menghindari diri kita terkena penyakit tertentu, termasuk Covid-19.

Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat semakin terlihat dari adanya kenaikan penjualan makanan sehat di salah satu e-commerce di Indonesia, yaitu Tokopedia.

“ Transaksi makanan sehat seperti Granola meningkat hampir 3x lipat, Yogurt dan Oat lebih dari 4x lipat, sedangkan Muesli meningkat hampir 6x lipat pada kuartal I 2021 dibanding kuartal yang sama pada 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, 13 Mei 2021.

Berkolaborasi bersama Serasa Salad Bar, e-commerce yang didominasi dengan warna hijau ini membagikan tips dan inspirasi makanan sehat saat Lebaran.

Tips ini bisa Sahabat Dream tiru untuk menyeimbangi kenikmatan lezatnya sajian Lebaran.

2 dari 4 halaman

Hindari Makanan Kemasan

Membuat kue atau camilan sendiri di rumah dapat menjadi alternatif makanan yang lebih sehat saat Lebaran.

“ Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat,” ungkap Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah.

Tambah Konsumsi Serat

Menyajikan sayur-sayuran, misalnya salad, di antara hidangan Lebaran bisa menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh.

Ekhel menambahkan, “ Jumlah transaksi sayuran meningkat hampir 4x lipat pada kuartal I 2021 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.”

3 dari 4 halaman

Ingin Minuman Manis, Ganti dengan Smoothies

 Ilustrasi
© Shutterstock

Minuman manis pasti menjadi andalan saat merayakan hari kemenangan, namun yang perlu diperhatikan adalah hindari mengonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak gula.

“ Green Smoothies dari Serasa, misalnya. Perpaduan rasa segar dari nanas, daun mint dan manisnya kurma bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan dan sehat,” jelas Fitri.

4 dari 4 halaman

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar menyambut hari kemenangan.

Salad Buah jadi Dessert

“ Kombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola agar makan buah jadi menyenangkan. Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat Lebaran,” tutup Fitri.

Selamat mencoba, ya, Sahabat Dream.

Join Dream.co.id