Tips Menjaga Kemesraan Suami Istri Tetap Membara Selama Pandemi

Fresh | Jumat, 19 Februari 2021 06:12

Reporter :

Siapa sih yang nggak mau romantis terus sama pasangan?

Dream - Sisi positip munculnya pandemi sejak Maret 2020 silam adalah kamu bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama pasangan dan anggota keluarga. Waktu kita sepenuhnya habis di dalam rumah demi menekan penyebaran virus Covid-19.

Namun seiring waktu berjalan, wabah pandemi yang tak kunjung usai membuat muncul rasa bosan yang berujung pada ketidakstabilan emosi. Kualitas hubungan antar pasangan bisa jadi semakin penuh tantangan. Peningkatan aktivitas selama di rumah serta kejenuhan yang meningkat jadi pemicu konflik antar pasangan, terlebih bagi pasangan yang sudah menikah.

Tak jarang, gairah seksual juga semakin menurun karena aktivitas yang monoton.

Clinical Sexologist, Zoya Amirin, M.Psi., FIAS memberikan beberapa tips supaya hubungan antar pasangan dapat lebih mesra selama masa pandemi, terutama berkaitan dengan keintiman dan kesehatan seksual.

Berikut deretannya:

Tips Menjaga Kemesraan Suami Istri Tetap Membara Selama Pandemi
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Atur jadwal hubungan intim yang reguler & terencana

Masa pandemi merupakan masa ketidakpastian, jadi sangat disarankan untuk melakukan hubungan intim yang reguler dan terencana.

Pada masa ketidakpastian ini, sebaiknya tidak disarankan untuk melakukan hubungan spontan supaya lebih mudah melakukan kontrol terhadap hal yang akan terjadi nantinya.

Jangan lupa untuk gunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan pada masa pandemi.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Luangkan me-time bagi diri sendiri

Memberikan pasangan atau diri sendiri untuk menikmati waktu me-time sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres selama pandemi. Me-time harus dijadwalkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

3 dari 4 halaman

Jadwalkan waktu komunikasi antar keluarga

Ciptakan sesuatu yang baru misalnya dengan membuat permainan yang lebih mendekatkan keluarga, seperti main monopoli bersama, dan kegiatan lainnya.

Setiap pasangan harus bisa berkeluh-kesah tanpa komplain

Tanyakan kepada pasangan apa ketakutan terbesarnya, berikan waktu kepada pasangan untuk menyatakan ketakutannya dengan mencurahkan isi hati, dan hentikan toxic positivity misalnya: “ Kamu harusnya bersyukur, jangan kayak nggak punya Tuhan”.

Setiap pasangan yang mampu berbagi ketakutan terbesarnya, akan semakin menambah mesra dan menguatkan hubungan.

Kualitas hubungan rumah tangga yang penuh tantangan selama pandemi, menginspirasi Kondom Sutra untuk meluncurkan kampanye #MakinMantapMakinMesra (Mmmm…).

4 dari 4 halaman

“ Masing-masing pasutri memiliki daya pikat satu sama lain, sehingga Sutra mengajak pasutri untuk kembali ke masa awal pernikahan dan membumbui kehidupan ranjang menjadi semakin seksi, romantis dan bergairah,” ungkap David Dwi Santoso, Brand Manager Kondom Sutra, lewat keterangannya pada Kamis, 18 Febuari 2021.

Menurut David, masa pandemi dan dampaknya pada emosi membuat kebutuhan akan hubungan intim antar pasangan cenderung meningkat. Kelelahan dan stres akibat tekanan kondisi saat ini membutuhkan sentuhan kreativitas serta eksplorasi dalam hubungan intim.

 


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id