Tip Atasi Stres Akibat Hidup Penuh Tekanan

Fresh | Kamis, 18 Juli 2019 19:48
Tip Atasi Stres Akibat Hidup Penuh Tekanan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Hal pertama yang harus dilakukan ketika stres melanda adalah...

Dream - Semua orang pasti pernah merasa stres, terutama masyarakat perkotaan yang bergaya hidup serba cepat dan penuh tekanan.

Stres disebabkan oleh dua faktor, internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri, seperti merasa kurang dan tidak percaya diri. Faktor eksternal berasal dari lingkungan di sekitar kita seperti keluarga, teman maupun lingkungan kantor.

“ Stres dapat disebabkan karena Anda berpikir terlalu banyak dan hal yang Anda pikirkan merupakan hal negatif. Tetapi ada beberapa cara dapat dilakukan untuk megurangi rasa stres,” ujar Tan Hui Ping, Psikolog dari Allied Health Parkway Cancer Center Singapore, di Jakarta, belum lama ini.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika stres melanda adalah meditasi. Tarik nafas selama beberapa menit, lalu embuskan. Lakukan secara berulang-ulang sampai kamu sadar bahwa semuanya tetap baik-baik saja dan bisa diatasi.

Ke dua, lampiaskan stres dengan menggerakkan tubuh untuk berolahraga. Konsumsilah makanan sehat yang dapat membuat badan tetap fit. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Cara lain, bergabung atau mengikuti suatu komunitas yang sesuai dengan minat. Komunitas yang positif dapat memberikan energi baik kepada Anda.

Stres juga dipicu karena terlalu banyak berpikir dan berharap semua hal berjalan sesuai ekspektasi. Jika seperti itu, Sahabat Dream butuh istirahat cukup karena energi bisa habis hanya untuk memikirkan hal yang belum tentu terjadi.

Saat di kantor, buatlah catatan tugas prioritas agar Sahabat Dream dapat bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Selamat mencoba!

Laporan : Alfi Salima Puteri

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id