Tinggi Protein, Ini 10 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Fresh | Selasa, 4 Mei 2021 16:14
Tinggi Protein, Ini 10 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Meskipun sering dianggap amis, namun telur rebus lebih menyehatkan daripada telur yang digoreng.

Dream – Manfaat telur rebus salah satunya adalah untuk mendukung program penurunan berat badan. Bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ideal, biasanya mengonsumsi telur rebus di pagi hari bisa menjadi solusi sebagai pengganti nasi. Efeknya bagi tubuh adalah bisa membuatnya lebih cepat kenyang dan pastinya lebih sehat. Tetapi ada sebagian orang yang tidak suka mengonsumsi telur rebus, salah satu alasannya karena amis.

Justru telur yang diolah dengan cara direbus inilah lebih sehat daripada yang digoreng dengan minyak dan tambahan bumbu lainnya. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, telur rebus adalah sumber vitamin, protein, kalsium, karbohidrat, fosfor, kolin, zat besi, sodium, kalium, magnesium, seng selenium, lutein, zeaxanthin, folat, serta nutrisi lainnya.

Bahkan kandungan protein yang ada di dalam telur rebus sangatlah baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Dengan mengetahui beragam manfaatnya, kamu tentu akan berpikir ulang untuk mengonsumsi telur yang digoreng.

Berikut adalah beberapa manfaat telur rebus untuk kesehatan yang perlu kamu tahu sebagaimana dilansir melalui Bola.com.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Kinerja Otak dan Menyehatkan Mata

 Ilustrasi Mata Sehat
© Freepik.com

Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat telur rebus yang pertama bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan kinerja otak. Menurut Healthline, di dalam telur rebus terkandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak serta saraf. Tidak hanya itu saja, telur rebus juga memiliki kandungan berupa kolin yang mampu untuk mengatur otak, sistem saraf, dan menjaga agar kardiovaskular tetap sehat.

Menyehatkan Mata

Manfaat telur rebus lainnya adalah mampu menyehatkan mata. Menyadari bahwa mata adalah salah satu organ penting yang mendukung penglihatanmu serta membantu aktivitasmu bisa lancar. Oleh karena itu, kesehatannya pun harus selalu dijaga dengan baik.

Di dalam telur rebus terkandung zeaxanthin yang kadarnya lebih banyak daripada sayuran. Dengan begitu, telur rebus ini ampuh untuk mencegah terjadinya degenerasi pada makula dan bisa menurunkan risiko penyakit katarak.

3 dari 6 halaman

Melancarkan Peredaran Darah dan Mencegah Anemia serta Menurunkan Berat Badan

 Ilustrasi Usaha Menurunkan Berat Badan
© Freepik.com

Melancarkan Peredaran Darah dan Mencegah Anemia

Manfaat telur rebus juga bisa untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia. Salah satu tanda dari anemia adalah pusing. Tentu saja ini bisa mengganggu aktivitasmu.

Agar peredaran darahmu selalu lancar dan juga terhindar dari kekurangan darah atau anemia, maka kamu bisa mengonsumsi telur rebus.

Menurunkan Berat Badan

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengonsumsi telur rebus. Kandungan protein di dalam telur rebus bisa membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu pun bisa menahan keinginan untuk ngemil serta menurunkan asupan kalori keseluruhan.

 

4 dari 6 halaman

Menurunkan Risiko Kanker dan Mencegah Penyakit Jantung

 Ilustrasi Menderita Kanker
© Freepik.com

Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya selain jantung yang banyak ditakuti orang. Tidak jarang penyakit ini diketahui saat sudah mencapai stadium yang tinggi. Namun, kamu bisa mengurangi risiko dengan cara mengonsumsi telur rebus.

Hal ini karena telur rebus memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker. Dengan mengonsumsi telur rebus secara rutin, maka ini bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

Mencegah Penyakit Jantung

Keistimewaan mengonsumsi telur rebus adalah bisa mencegah dari penyakit jantung. Hal ini karena telur rebus memiliki kanduangan lemak yang baik atau lemak tak jenuh tunggal serta tak jenuh ganda. Kandungan lemak inilah yang mampu untuk menstabilkan kadar kolesterol darah. Dengan begitu, telur rebus pun bisa mencegah dari risiko penyakit jantung.

Selain itu, telur rebus juga mengandung omega 3 yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berhubungan dengan penyakit jantung.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Energi serta Menjaga Kekuatan Otot, Tulang, dan Gigi

 Ilustrasi Energi yang Tercukupi
© Freepik.com

Meningkatkan Energi

Manfaat telur rebus mampu untuk meningkatkan energi. Dengan tubuh yang berenergi, tentunya kamu bisa lebih aktif dan tidak mudah merasa lelah. Di dalam telur rebus terkandung banyak nutrisi yang bisa menghasilkan energi untuk tubuhmu.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin A, vitamin B-12, dan selenium di dalam telur rebus yang menjadi sumber makanan untuk menjaga agar imunitas tubuhmu tetap sehat dan kuat.

Menjaga Kekuatan Otot, Tulang, dan Gigi

Manfaat telur rebus berikutnya bagi kesehatan bisa untuk menjaga kekuatan otot, tulang, dan gigi. Hal ini karena kandungan protein di dalam telur rebus yang mampu untuk menjaga serta memperbaiki jaringan tubuh, tidak terkecuali otot, tulang, dan gigi.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin D di dalam telur rebus yang bisa menguatkan tulang dan gigi. Di mana terjadi peningkatan penyerapan kalsium dan bisa mengatur kadar kalsium di dalam darah.

6 dari 6 halaman

Menyehatkan Rambut dan Kuku serta Menutrisi Kulit

 Ilustrasi Kulit yang Ternutrisi
© Freepik.com

Menyehatkan Rambut dan Kuku

Untuk memiliki rambu dan kuku yang sehat, kamu bisa memanfaatkan telur rebus. Hal ini karena telur rebus mengandung belerang yang cukup tinggi dan menjadi sumber vitamin D. Selain itu juga ada kandungan antioksidan dan mineral di dalam telur rebus yang bisa membantu untuk menumbuhkan rambut dan kuku dengan kondisi yang sehat.

Menutrisi Kulit

Manfaat telur rebus juga bisa menyehatkan kulitmu. Di mana kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bisa meningkatkan kesehatan kulit serta mencegah dari rusaknya jaringan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, maka kamu pun bisa tampak lebih awet muda, cantik, dan sehat.

Itulah 10 manfaat telur rebus untuk kesehatan. Jadi, mulai sekarang sahabat Dream bisa rutin mengonsumsi telur rebus untuk mendapatkan beragam manfaat baiknya tersebut.

Join Dream.co.id