Pola Tidur Bisa Bikin Kulit Lebih Glowing

Fresh | Selasa, 28 Januari 2020 19:42
Pola Tidur Bisa Bikin Kulit Lebih Glowing

Reporter : Cynthia Amanda Male

Pola tidur yang baik akan membuat kulitmu lebih sehat dan segar.

Dream - Jika kulit mulai terlihat kusam dan kurang segar, kamu perlu memerhatikan pola tidurmu. Pola tidur yang baik akan membuat kulitmu lebih sehat dan segar.

Dilansir dari Times of India, hal ini berhasil dibuktikan penelitian Nature Cell Biology yang dilakukan pada tikus serta kadar kolagennya.

 Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Kolagen dan Membuat Kulit Glowing© Dream

Penelitian itu membuktikan, pola tidur bisa meregulasi extracellular matrix yang memproduksi struktur pendukung sel berbentuk jaringan seperti tulang, kulit dan lain-lain.

 

2 dari 6 halaman

Ada beberapa struktur

Setengah dari tubuh kita terbuat dari matrix dan sebagian lainnya dari kolagen. Kolagen terbentuk dari 2 struktur. Struktur pertama berbentuk tebal dan terbentuk ketika berusia 17.

Struktur tersebut akan tetap sama sepanjang hidup kita dan bersifat permanen. Sedangkan struktur kedua lebih tipis yang akan hancur ketika stres.

 Ilustrasi tidur© Dream

Kedua struktur itu dapat diperbaiki ketika kita tidur di malam hari. Serat yang lebih tipis melindungi struktur permanen dari kegiatan sehari-hari dan hilangnya sel kulit.

 

3 dari 6 halaman

Pentingnya kolagen

" Jika dibayangkan, struktur permanen tersenut seperti batu bata yang tersusun menjadi dinding di sebuah ruangan," kata Ketua Penelitian, Karl Kadler.

" Sedangkan, ada bagian yang harus dihilangkan dan terisi kembali sesering mungkin seperti cat dinding."

Kolagen merupakan jenis protein paling banyak di dalam tubuh.

 Ilustrasi tidur© Dream

Inilah yang membuat kulit tampak glowing dan meningkatkan elastisitas serta kekuatannya. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk meningkatkan kadar kolagen secara natural.

4 dari 6 halaman

Beberapa Mitos Tidur yang Sudah Saatnya Tak Lagi Dipercaya

Dream - Banyak mitos yang beredar tentang cara tidur seseorang. Seperti kebiasaan mendengkur yang dianggap berbahaya atau minum air akan membantu lebih mudah tidur.

Sebenarnya menurut peneliti, mitos tersebut tidak seharusnya dibiarkan karena bisa membentuk kebiasaan buruk dan menjadi ancaman kesehatan.

Klaim bahwa beberapa orang mampu bertahan dengan tidur selama lima jam merupakan mitos utama yang mampu diluruskan peneliti berdasarkan bukti sains.

 shutterstock© Dream

Menurut penelitian yang disebarkan lewat Sleep Health Journal, pola tidur yang terganggu juga menjadi pemicu risiko serius pada kesehatan jika dilakukan secara berkala.

" Pola tidur sangat berdampak pada kehidupan. Bisa mempengaruhi produktivitas, suasana hati serta kesehatan seluruh tubuh," kata pemimpin penelitian, Rebecca Robbins di New York University Langone Health.

Ia menambahkan bahwa mengungkap mitos tentang tidur mampu meperbaiki kebiasaan buruk dan meningkatkan kesehatan.

5 dari 6 halaman

Mitos Soal Tidur yang Masih Berkembang

Untuk menyatakan hal tersebut, peneliti meninjau lebih dari 8000 situs dan mengidentifikasi 20 asumsi terpopuler tentang tidur.

Bersama beberapa pakar, mereka memilah mana yang bisa dihilangkan atau perlu dibuktikan dengan penelitian, serta bahayanya terhadap kesehatan.

 shutterstock© Dream

Mitos terpopuler lainnya adalah tentang mendengkur. Selain diklaim berbahaya, mendengkur dinilai sebagai tanda sleep apnea atau kelainan yang menyebabkan penurunan kualitas tidur.

Penulis meminta pasien untuk tidak mencegah dengkuran dan berkonsultasi ke dokter karena kebiasaan tidur tersebut bisa menyebabkan jantung berhenti atau penyakit lainnya.

6 dari 6 halaman

Ini Pola Tidur yang Benar

Peneliti juga menemukan bukti jelas yang menyatakan bahwa minum minuman alkohol sebelum tidur, merupakan kebiasaan buruk.

" Tidur sangat berpengaruh pada kesehatan. Dan membutuhkan usaha ekstra untuk menyebarkan informasi seperti ini agar kesehatan masyarakat bisa terjaga," imbuh seorang peneliti senior, Girardin Jean Louis.

Robbins dan peneliti lainnya menyarankan untuk membuat pola tidur teratur dan cukup, setidaknya tujuh jam dalam sehari.

 shutterstock© Dream

Sumber: Thehealthsite

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id