Minum Obat Tapi Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebabnya

Fresh | Jumat, 19 Januari 2018 19:13
Minum Obat Tapi Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebabnya

Reporter :

Ada tes khusus yang bisa menemukan tingkat kecocokan obat dengan faktor genetik.

Dream - Sakit lalu ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapat obat. Tapi ternyata setelah minum obat selama satu minggu penyakit tak kunjung sembuh.

Mungkin Sahabat Dream pernah mengalami hal ini? Tubuh seolah tak memberikan respons terhadap obat yang diberikan.

Kalaupun ada, hasilnya pun tidak maksimal. Hal ini bukan karena obat yang dipilih memiliki harga murah. Sie Djohan, selaku Presiden Komisaris PT Innolab Science International mengungkapkan, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap obat.

Di Indonesia , masih banyak dokter yang menerapkan 'sistem coba-coba'.

" Kalau diberi resep dokter biasanya disuruh kembali lagi kalau obatnya tidak cocok. Kalau untuk penyakit ringan tidak masalah, namun bagaimana kalau itu obat kemoterapi? Obatnya tidak mengobati si pasien, tapi rambutnya sudah terlanjur rontok," tuturnya di Jakarta, Kamis 18 Januari 2018.

Djohan memaparkan, reaksi manusia terhadap obat sangat bergantung dari faktor genetik manusia itu sendiri. Ada tes khusus yang bisa menemukan tingkat kecocokan obat dengan faktor genetik, yakni metode Companion Diagnostic (CD).

Pasien akan menjalani serangkaian tes tertentu sebelum diberikan dengan obat yang sudah spesifik. Pada kasus pengobatan leukimia, pasien yang melakukan CD terlebih dahulu cenderung menerima reaksi obat lebih optimal hingga 50 persen.

Sementara dr Sandy Q Lintang, Presiden Direktur Kalgen Innolab menyebutkan, kini CD sudah terdiri ke dalam beberapa metode. Untuk kanker payudara, pasien bisa melakukan tes mammaprint guna mengetahui kebutuhan obat kemoterapi. Sedangkan BRCA bisa dilakukan untuk mengetahui kecenderungan kanker.

" Ada juga untuk diabetes, yakni tes HbA1c untuk merekam kadar gula secara lebih intensif. Dengan begitu, dapat lebih mudah menentukan obat apa yang dipakai dan seberapa besar takarannya," kata Sandy.

(ism, Laporan Annisa Mutiara)

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id