Kebanyakan Minum Kafein Bikin Bau Ketiak Tak Sedap?

Fresh | Jumat, 12 Juli 2019 18:48
Kebanyakan Minum Kafein Bikin Bau Ketiak Tak Sedap?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Siapa yang sering konsumsi kafein tiap hari?

Dream - Efek samping kandungan kafein dalam kopi kerap jadi perdebatan. Sebagian orang beranggapan kafein baik bagi tubuh. Namun yang lain menentang hal tersebut.

Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin Melyawati Hermawan, kafein mampu menstimulasi saraf pusat dan meningkatkan denyut jantung.

" Dari segi medis, kafein bisa menstimulasi saraf pusat dan bikin situasi seakan meningkatkan denyut. Jadi proses respirasi meningkat dan kamu pun berkeringat," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Efek kafein yang membuat tubuh seperti sedang berlari dan jantung berdebar ini juga menjadi salah satu penyebab dari produksi keringat ekstra serta bau ketiak kurang sedap.

 shutterstock

Selain konsumsi kafein berlebih, hal yang sama juga disebabkan kebiasaan merokok serta minum alkohol.

" Rokok juga merangsang pelepasan asetikolin yang juga merangsang peningkatan denyut dan pelebaran pembukaan pembuluh darah. Alkohol juga menyebabkan proses respirasi meningkat," jelasnya.

 shutterstock

Mengurangi konsumsi kafein, rokok serta minuman beralkohol adalah salah satu cara menekan produksi kelenjar keringat sehingga dapat menghindarimu dari bau ketiak.

2 dari 8 halaman

3 Tips Alami Hilangkan Bau Ketiak dan Keringat Berlebih

Dream - Keringat adalah air yang diproduksi dan dikeluarkan tubuh secara alami melalui kelenjar. Keluarnya keringat merupakan cara tubuh dalam membuang racun dan menjaga kesehatan.

Namun, tak semua orang memproduksi keringat terlalu banyak. Buat yang memiliki tubuh dengan keringat berlebih, biasanya akan mengeluarkan aroma kurang sedap.

Bau badan maupun ketiak cukup sulit dihilangkan, bahkan kerap membuat Sahabat Dream malu ketika berada di sekitar orang lain. Selain itu, keringat berlebihan juga menyebabkan noda pada pakaian.

Tapi, kamu bisa mengatasi bau ketiak dan keringat dengan tips alami yang dilansir dari Misskyra.com berikut ini.

3 dari 8 halaman

Jus Tomat

Jus tomat sangat bermanfaat untuk mengontrol produksi keringat berlebih di ketiak dengan cara mengecilkan pori-porimu. Konsumsi makanan yang mengandung tomat atau minum jusnya.

Kalau tidak suka makan tomat, kamu bisa mengoleskan jus tomat pada ketiak dan membiarkannya selama 10 menit sebelum dicuci bersih.

 shutterstock

Teh Hitam dan Teh Hijau

Meski banyak orang menganggap bahwa minum sesuatu yang hangat dapat menyebabkan tubuh lebih berkeringat, namun tidak dengan kedua jenis teh ini.

Teh hijau kaya akan magnesium dan Vitamin B yang bermanfaat untuk mengontrol kelenjar keringat. Teh hitam juga dapat diterapkan ke daerah ketiak untuk mengurangi produksi keringat.

 shutterstock

4 dari 8 halaman

Jus wheatgrass (gandum)

Jus ini sangat kaya akan vitamin A, C, B12, B6 dan asam folat, yang mampu mendetoksifikasi tubuh secara alami. Sehingga, racun dalam tubuh bisa dilarutkan dan dinetralisir. Minum satu sendok makan jus wheatgrass per hari agar kamu terhindar dari keringat dan bau yang berlebihan.

 shutterstock

5 dari 8 halaman

Kiat Cepat Cerahkan Ketiak Hitam

Dream - Ketiak merupakan area yang sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti ruam, pigmentasi, infeksi,
dan bahkan jerawat.

Salah satu keluhan paling umum oleh pria dan wanita adalah pigmentasi,atau perubahan warna yang menganggu penampilan, dan membuat tidak percaya diri saat menggunakan pakaian tanpa lengan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasikulit ketiak yang gelap :

1. Aloe Vera

Aloesin dalam gel lidah buaya berfungsi sebagai pigmentasi kulit, dapat mencerahkan ketiak, dan meredakan kulit yang meradang / iritasi.

Kamu hanya perlu menyiapkan daun lidah buaya, kemudian potong dan ambil ekstraknya. Oleskan gel ini pada ketiak dan biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya di rumah, kamu bisa membelinya di toko.

 Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat menghidrasi dan menutrisi kulit karena kaya antioksidan. Sedangkan gula merah berfungsi sebagai pengelupas kulit,
mengangkat sel kulit mati. Siapkan 2 sendok makan minyak zaitun murni, dan 2-3 sendok makan gula merah.

Campurkan kedua bahan tersebut kemudian aduk. Basahi kulit ketiak dan aplikasikan campuran tadi. Gosok selama 1 atau 2 menit dan biarkan selama lima menit.

Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2 kali seminggu sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

3. Lemon

Bahan ini kaya akan asam sitrat yang berfungsi sebagai pengelupas kulit dan pemutih alami. Lemon sangat baik bekerja dalam memutihkan ketiak.

Potong lemon menjadi irisan tebal dan gosok ke area ketiak selama 2-3 menit. Biarkan sisa lemon menempel selama sekitar 10 menit kemudian bilas.

Gunakan secara teratur 3-4 kali seminggu.

 Kiat Jitu Putihkan Ketiak dengan Cepat

4. Mentimun

Irisan mentimun sering digunakan untuk mengurangi lingkar gelap di bawah mata, dan menenangkan mata lelah.

Ekstrak mentimun memiliki sifat pencerah kulit, dan juga dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Siapkan 2 irisan mentimun, gosokan ke area ketiak 1 atau 2 menit, biarkan sisa mentimun menempel di kulit ketiak selama 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan setaiap hari untuk hasil terbaik.

 Khasiat Mentimun untuk Atasi Kulit Berminyak

5. Air Mawar

Air mawar memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti mencerahkan, menenangkan, melembabkan, dan menyeimbangkan pH kulit.

Siapkan Air mawar dan 1 sendok makan soda kue, lalu campurkan dan aduk. oleskan pada ketiak, diamkan 5-7 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi pengunaan ini dua kali seminggu.

 Khasiat Menakjubkan Air Mawar untuk Mata

(Sumber: stylecraze.com)

Laporan: Qonita Lutfia

6 dari 8 halaman

4 Cara Murah yang Manjur Memutihkan Kulit Ketiak

Dream - Ketiak yang kehitaman membuat kita malu memakai baju tanpa lengan atau biasa disebut 'lengan buntung'. Warna kehitaman pada ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti keringat yang berlebihan, mencukur bulu ketiak, atau hormon kurang seimbang.

Sayangnya, tidak banyak produk yang khusus untuk memutihkan ketiak. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan bahan alami yang mampu mencerahkan kulit ketiak bila dipakai secara rutin.

 Khasiat tersembunyi Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Salah satu bahannya adalah minyak kelapa yang memiliki kandungan vitamin E oil. Kandungan ini diyakini membantu menutrisi dan mencerahkan kulit serta menenangkan luka. Kandungan anti-bakterinya juga mampu mencegah infeksi.

Untuk bisa memakai minyak kelapa, kamu perlu mencampurkannya dengan beberapa bahan tertentu. Berikut beberapa campuran minyak kelapa yang bisa kamu pakai untuk memutihkan kulit ketiak.

7 dari 8 halaman

Minyak Kelapa dan Gula

 4 Cara Murah yang Manjur Memutihkan Kulit Ketiak

Gula membantu menghilangkan toksin dengan mengeksfoliasi sel kulit mati tanpa membahayakan kulit serta menyebabkan iritasi.

Bahan-Bahan:

- 3 sdm minyak kelapa
- 1 sdm gula

Cara Membuat:

Masak minyak kelapa dengan api kecil dan tambahkan gula ke dalamnya. Aduk kedua bahan hingga merata.

Dinginkan di suhu ruangan dan oleskan pada ketiak sambil dipijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Minyak Kelapa dan Baking Soda

 4 Cara Murah yang Manjur Memutihkan Kulit Ketiak

Baking soda bisa mencerahkan kulit dengan mengeksfoliasi sel kulit mati dan menyeimbangkan pH.

Bahan-Bahan:

- 1 sdm minyak kelapa
- 1 sdt baking soda

Cara Membuat:

Campurkan baking soda dan minyak kelapa di dalam mangkuk hingga merata, lalu oleskan pada ketiak. Pijat perlahan dengan gerakan memutar selama 3 menit. Setelahnya, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

8 dari 8 halaman

Minyak Kelapa dan Cuka Apel

 Ragam Fungsi Cuka Apel untuk Kecantikan

Cuka apel mengandung kandungan yang mampu mencerahkan kulit.

Bahan-Bahan:

- 2 sdm minyak kelapa
- 2 sdm cuka apel

Cara Membuat:

Ambil minyak kelapa dan cuka apel, lalu tuangkan pada wadah. Aduk hingga merata dan oleskan pada ketiak. Diamkan hingga campuran menyerap pada kulit. Lakukan setiap hari setelah mandi agar lebih efektif.

Minyak Kelapa dan Krim Susu

 4 Cara Murah yang Manjur Memutihkan Kulit Ketiak

Kedua kandungan ini tidak hanya mampu mencerahlan, tapi juga bisa melembutkan kulit.

Bahan-Bahan:

- Beberapa tetes minyak kelapa
- 2 sdm krim susu
- 1 sdt kunyit

Cara Membuat:

Campurkan krim susu dan kunyit untuk membuat pasta. Bersihkan ketiak dan oleskan pasta pada ketiak. Diamkan selama 15 menit.

Lalu, pijat ketiak menggunakan minyak kelapa dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat. Kamu bisa menerapkannya setiap hari.

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id