Teliti Sebelum Membeli Madu demi Manfaat Maksimal

Fresh | Rabu, 24 April 2019 10:15
Teliti Sebelum Membeli Madu demi Manfaat Maksimal

Reporter :

Tidak mudah untuk mendapatkan madu asli, coba lebih teliti.

Dream - Madu jadi salah satu asupan andalan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Kandungan protein, gula, antioksidan, serta antibakteri, bisa jadi 'tameng' agar tubuh tak mudah menyerah saat berhadapan dengan virus dan bakteri.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentunya Sahabat Dream harus mencari madu yang berkualitas. Tidak mudah untuk mendapatkan madu asli yang memiliki efek maksimal bagi tubuh.

Kamu harus lebih teliti. Perhatikan tiga hal ini sebagai panduan dari Suzy Scherr, koki dan penulis buku The Honey Companion, yang juga seorang pakar madu.

Pilih 'raw honey'

Madu tidak berbeda dengan kebanyakan makanan. Ketika membelinya, usahakan menghindari madu olahan. Saat madu diproses, madu dipanaskan yang dapat menghancurkan zat-zat yang bermanfaat sehingga membuatnya kurang bergizi.

" Cari label raw honey untuk menghindari kehilangan nutrisi penting," kata Scherr, dikutip dari Mind and Body Green.

Label penting lain yang harus diperhatikan adalah tanpa filter atau no filter. Pasalnya, penyaringan madu akan menghilangkan banyak serbuk sari yang bergizi.

" Jika pernah menerawang madu ke arah cahaya, perhatikan partikel-partikel kecil di dalam madu. Partikel tersebut justru bagian yang paling bergizi," ungkap Scherr.

Organik belum tentu berkualitas

Dalam banyak kasus, memilih makanan organik adalah pilihan yang bagus dan tepat. Ketika memilih madu, sebenarnya tidak masalah apakah Anda memilih organik atau tidak.

Ini karena lebah terbang berkilo-kilometer dan terlalu sulit untuk menentukan bunga mana yang lebah hinggapi.

" Anda harus memastikan semua bunga di daerah yang mencari makan lebah bebas pestisida dan ini sangat sulit untuk dikonfirmasi. Kemungkinan madu organik mungkin sedikit lebih mahal daripada madu non-organik tapi siapa yang bisa menjamin," kata Scherr.

Laporan: Fitri Haryanti/ Liputan6.com

 

 

 

RAMADAN BUZZ: Belajar Tari Sufi Bareng Santri
Join Dream.co.id