Tekanan Darah Tinggi, Biang Kerok Banyak Penyakit

Fresh | Minggu, 24 Februari 2019 07:00
Tekanan Darah Tinggi, Biang Kerok Banyak Penyakit

Reporter : Mutia Nugraheni

Hipertensi termasuk penyebab kematian tertinggi di dunia, baik di negara maju atau berkembang.

Dream - Sahabat Dream termasuk orang yang rutin memeriksakan tekanan darah? Jika tidak, segera lakukan mulai sekarang. Apabila diketahui tekanan darah dalam level yang tinggi segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat obat dan terapi yang tepat.

Hipertensi termasuk penyebab kematian tertinggi di dunia, baik di negara maju atau berkembang. Kondisi satu ini, juga dalang dari berbagai penyakit.

" Hipertensi merupakan suatu sentral, biang kerok dari penyakit ginjal, jantung, strok, dan semua organ yang mempunyai pembuluh darah," ujar dr. Tungg D. Situmorang, SpPD-KGH, dalam acara Konsensus Penatalaksanaan Hipertensi 2019, di hotel Sheraton, Jakarta, Jumat 22 Februari 2019

Mengubah pola hidup yang sehat, melakukan aktivitas fisik yang cukup, rutin memeriksa tekanan darah jadi hal yang penting dilakukan untuk mencegah hipertensi.

Hipertensi kerap disebut sebagai penyakit silent killer, di mana penyakit ini tidak menimbulkan tanda-tanda khusus. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh kita.

" Jika tekanan darah tinggi yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan stroke, penglihatan menghilang, serangan jantung, penyempitan pembuluh darah, gagal jantung, gagal ginjal, gangguan pembuluh darah kaki, dan gangguan pada retina yang mengakibatkan kebutaan," ujar Prof. Dr. dr. Suhatdjono, SpPD-KGH.

2 dari 2 halaman

Gejala Hipertensi yang Harus Diwaspadai

Pada beberapa kasus, hipertensi juga sebenarnya menunjukkan gejala. Sayangnya, gejala ini sering dianggap keluhan ringan dan tidak dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa, Halus dan Mematikan© MEN

Untuk itu penting memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala berikut:

1. Jantung berdebar-debar
2. Sulit bernapas setelah bekerja keras atau mengangkat beban berat
3. Mudah lelah
4. Wajah memerah
5. Hidung berdarah

Semakin tinggi tekanan darah maka risiko kematian pun akan semakin cepat. Jika sudah diketahui mengalami hipertensi, lakukan pengobatan secara menyeluruh. Termasuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Laporan: Ratih Permata Sari

Join Dream.co.id