Tanda-Tanda Kamu Mempunyai Ibu Mertua Toxic

Fresh | Rabu, 20 Januari 2021 15:33

Reporter : Dwi Ratih

Apakah kamu tengah mengalaminya?

Dream – Menantu mana yang senang berurusan dengan ibu mertua yang toxic dan mudah tersinggung? Pasangan yang baru menikah biasanya ingin tinggal di rumah sendiri untuk menghindari konflik dengan orang tua pasangannya. 

Saat bersama mertua toxic, kamu pasti memerlukan tenaga ekstra untuk lebih berhati-hati dalam bertingkah laku mulai dari perkataan, makanan, hingga pakaian yang dikenakan.

Jika kita merasa sudah 'aman' dari hal-hal di atas, terkadang ibu mertua juga membuat sekian banyak drama yang kita pun tidak memahami. Apapun yang dilakukannya tidak bisa disalahkan.

Berurusan dengan mertua toxic dapat menjadi mimpi buruk dan kebingungan yang berlebihan. Tidak semua menantu bisa menebak pikiran dan suasana hati ibu mertua.

Ada beberapa identifikasi tanda ibu mertua toxic dan kamu wajib memahaminya.

Tanda-Tanda Kamu Mempunyai Ibu Mertua Toxic
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Usil dan ingin tahu

Ibu mertua akan selalu memberikan opini mereka akan segala hal, walaupun tidak berkaitan dengannya. Terkadang bisa saja dia menguping atau sengaja menyimak pembicaraan pribadi kamu dengan pasanganmu.

 ilustrasi
© Shutterstock

Menetapkan batasan

Ibu mertua akan senang membuat keputusan dalam hidup rumah tangga mu, bahkan bisa lebih jauh dari itu, ia akan membuat keputusan untuk anakmu juga. Hal lain, ia akan sering menelepon kamu atau pasanganmu untuk menanyakan keadaan dan apa yang sedang dilakukan.

3 dari 6 halaman

Penilaian dalam setiap langkah

Ibu mertua akan selalu mengkritik setiap gerakan dan langkah yang kamu ambil. Tidak akan ada waktu yang nyaman bersama dengan ibu mertua, karena ia tidak akan berhenti mengkomentari mu, dari cara masak hingga berpakaian.

Mengungkit masa lalu

Keaslahan yang pernah kamu buat dimasa lalu akan selalu diungkit atau dikatakan berulang kali oleh ibu mertua.

Seberapa besar apa pun usaha kalian meminta maaf tidak akan pernah dilupakannya. Ia akan merasa puas melihat kamu murung dan dibsaat kamu ingin melawannya, ia akan mendendam.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Egois dan tidak menghormati pilihan

Di saat ibu mertua sudah ada persepsi dari awal pertama ketemu (first impression), ia tidak akan merubah pemikirannya tentang kamu. Ia hanya percaya dengan opini, keputusannya dan tidak peduli dengan keputusan dan apa yang kamu lakukan.

Ia tidak akan berpikir dua kali untuk menjatuhkan kamu.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India)

4 dari 6 halaman

Tanda-tanda Istri Hobi Mengumbar Kehidupan Pernikahan

Dream – Girls talk bisa jadi mood booster buat para wanita di tengah kepenatan mengurusi kebutuhan rumah tangga dan kerjaan kantor di kala weekdays.

Ditambah lagi kondisi pandemi COVID-19 yang membuat kita semua stuck di lingkup yang sama, sehingga girls talk jadi obat kondisi saat ini.

Sahabat Dream punya teman-teman yang asyik diajak girls talk?

 Ilustrasi
© Shutterstock

Mulai dari membahas skincare, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, sampai hal-hal rumah tangga internal jadi topik obrolan.

Padahal poin terakhir nggak seharusnya kamu beberkan meski ke sahabat atau orang terdekat kamu.

Sebab, tersebarnya kehidupan rumah tangga secara tidak sengaja dapat membahayakan pernikahan, sehingga bisa menimbulkan pertengkaran dan diskusi yang tidak baik antara kamu dan pasangan.

Untuk menghindari itu, ada beberapa tanda istri suka membawa kehidupan rumah tangga dalam obrolan yang wajib para suami ketahui.

 

 

5 dari 6 halaman

Selalu bergosip dalam benak

Istri mulai mengoceh tentang teman kerjanya yang berselingkuh sesaat suami pulang kerja, itu terlihat menjengkelkan.

Tapi sebagai suami kamu akan mulai menyadari bahwa istrimu senang menceritakan orang lain yang kemudian setiap percakapan akan selalu berisi gosip.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Mendapat berita dari orang lain

Suami akan mengetahui semua rahasia istri dari temannya. Ketika istri marah pun, suami akan tau dari temannya.

Saat itulah menandakan istri selalu menceritakan masalah rumah tangganya kepada temannya. Istri tidak merasa keberatan menceritakan sedikit kejelekan suami disertai ejekan kecil, dan bahkan menjadi bahan tawa saat berkumpul dengan teman.

6 dari 6 halaman

Menjadi terlalu ingin tahu

Istri senang dan suka mengawasi orang lain terutama dalam kehidupan pernikahannya. Istri mulai bertanya-tanya kepada suami akan semua hal kapanpun dimanapun, yang bisa terlihat seperti melanggar privasi.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Membandingkan pernikahan

Opini seorang istri mulai bertumpuh pada orang lain, selalu membandingkan suaminya dengan orang lain.

Suami 'harus begini harus begitu' disesuaikan dengan suami orang lain. Istri akan sering membandingkan kehidupan pernikahannya dengan pernikahan orang lain dan menyatakan kekecewaannya karena suami tidak sesuai seperti yang lain.

Join Dream.co.id