Tanaman Ini Diklaim Bisa Kurangi Dengkuran

Fresh | Selasa, 21 Januari 2020 19:15
Tanaman Ini Diklaim Bisa Kurangi Dengkuran

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak ada salahnya dicoba, Sahabat Dream.

Dream - Mendengkur saat tidur merupakan tanda adanya masalah kesehatan. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika mendengkur terus terjadi, bahkan hingga membuat tubuh lelah saat bangun tidur.

Banyak terapi dan pengobatan yang bisa dilakukan. Salah satu yang kini sedang jadi perbincangan adalah terapi tumbuhan yang direkomendasikan oleh para ilmuwan dari badan antariksa Amerika Serikat (NASA).

Menurut penelitian yang dilakukan NASA, ada tanaman yang bisa membantu mengurangi dengkuran dan meningkatkan kualitas udara di kamar tidur. Tanaman tersebut adalah pineapple plant atau tanaman nanas.

" Tanaman nanas menghasilkan oksigen dan meningkatkan kualitas udara di malam hari, yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi dengkuran," ungkap pihak NASA.

 

 

2 dari 7 halaman

Tanaman Hias

Apa yang membuat nanas berbeda adalah dapat menghasilkan oksigen dan berfotosintesis pada siang hari. Meskipun di dalam ruangan dan di dalam pot bukan cara konvensional untuk menumbuhkan nanas, penata taman profesional Samantha Bray mengatakan nanas sangat cocok untuk tumbuh sebagai tanaman hias sederhana.

 Tanaman nanasTanaman nanas © Shutterstock

" Tak ada salahnya menanam nanas dalam pot. Tampilannya sangat apik. Bisa ditaruh di kamar tidur. Layak dicoba," ungkap Bray, seperti dikutip dari Domain. 

 

3 dari 7 halaman

Kerap Mendengkur Sepanjang Malam? Bisa jadi karena Makanan

Dream - Bagi mereka yang mendengkur, seringkali tak menyadarinya. Biasanya baru tahu dari pasangan atau mungkin saudara yang pernah tidur bersama. Kebiasaan mendengkur ini sebenarnya salah satu tanda adanya masalah pernapasan atau kualitas tidur yang buruk.

Mendengkur sendiri disebabkan oleh aliran udara yang menggetarkan jaringan dan otot longgar di tenggorokan. Terjadinya mendengkur tergantung pada berbagai tahapan siklus tidur yang bervariasi dari satu individu ke individu lain.

 Kerap Mendengkur Sepanjang Malam? Bisa jadi karena Makanan © Dream

Selama proses mendengkur, jaringan dan otot di tenggorokan sangat longgar sehingga saluran hidung kita menyempit. Saat itulah kita mulai menghasilkan suara yang mengganggu orang-orang di sekitar kita.

Percaya atau tidak, makanan yang kita makan bisa jadi penyebab mendengkur. Seperti yang diketahui, makanan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Tapi tahukah Sahabat Dream bahwa makanan juga bisa menyebabkan gangguan tidur berupa mendengkur? Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini jelang tidur.

4 dari 7 halaman

Gandum

Jika ingin sehat dan tidak mendengkur saat tidur, sebaiknya tidak sering mengonsumsi tepung gandum olahan serta turunannya. Tepung gandum olahan harus dijauhi karena tidak bagus bagi kesehatan.

 Tepung gandumTepung gandum © Shutterstock

Tepung gandum olahan bisa menyebabkan peradangan. Selain itu tepung jenis ini akan menaikkan jumlah molekul yang menyebabkan produksi lendir. Produksi lendir yanng yang meningkat akan menghalangi saluran hidung hingga menyebabkan mendengkur.

5 dari 7 halaman

Gula

Minum atau makan yang manis di malam hari bisa menjadi penyebab mendengkur. Gula olahan dapat memperburuk jaringan tenggorokan, meningkatkan produksi dahak alami dan membatasi saluran hidung. Semua ini bisa menyebabkan mendengkur.

 Batasi Konsumsi Gula Jika Ingin Awet MudaBatasi Konsumsi Gula Jika Ingin Awet Muda © © MEN

Selain itu, gula olahan bisa meningkatkan produksi sitokin yang bisa mengakibatkan peradangan tenggorokan. Oleh karena itu, tidak mengonsumsi gula olahan adalah jalan terbaik untuk menghindari mendengkur.

6 dari 7 halaman

Daging Tinggi Lemak

Daging yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan peradangan.

 Daging Halal-2Daging Halal-2 © 2014 http://www.reuters.com

Daging seperti itu akan meningkatkan kadar lemak jenuh, yang bisa menyebabkan mendengkur. Memilih daging rendah maupun tanpa lemak adalah cara mengurangi dengkuran dan menjaga tubuh tetap sehat.

7 dari 7 halaman

Susu

Kita selalu diajarkan untuk minum susu sebelum tidur. Tetapi tahukah kamu bahwa produk susu justru memperparah dengkuran.

 Kebanyakan Minum Susu Bisa Bahayakan Kesehatan?Kebanyakan Minum Susu Bisa Bahayakan Kesehatan? © © MEN

Ini karena minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan produksi lendir dalam tubuh, yang membuat kamu mudah mendengkur.

 

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id