Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 8 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Fresh | Kamis, 8 April 2021 10:12
Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 8 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Kayu manis menjadi salah satu jenis rempah yang digunakan sebagai obat sejak lama. Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya untuk tubuh.

Dream – Manfaat kayu manis sangatlah beragam. Sebagian besar orang menggunakan kayu manis sebagai bumbu masakan. Selain itu, ada juga yang menggunakan kayu manis dalam bentuk bubuk untuk ditaburkan di atas kue maupun minuman. Aromanya yang khas membuat sajian menjadi semakin istimewa.

Kayu manis sendiri adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari cabang pohon “ Cinnamomum”. Tidak hanya sebatas dijadikan sebagai bumbu masakan saja, kayu manis ternyata juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan rempah ini sudah digunakan sebagai obat sejak lama.

Dalam penggunannya sebagai obat, biasanya kayu manis dijadikan minuman yang diseduh dengan air mendidih lalu diminum. Senyawa di dalam air rebusan kayu manis inilah yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Minuman ini juga cocok sekali untuk dikonsumsi saat musim dingin atau musim hujan karena efeknya yang bisa menghangatkan tubuh. Bagi kamu yang belum tahu apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan, berikut sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Bersifat Anti Kanker dan Menyehatkan Otak

 Ilustrasi Fungsi Otak yang Baik
© Foto. freepik

Bersifat Anti Kanker

Manfaat kayu manis yang pertama untuk kesehatan adalah sebagai antikanker. Kayu manis sendiri sudah melalui serangkaian penelitian untuk mengetahui bagaimana potensinya dalam upaya pencegahan maupun pengobatan penyakit kanker.

Dari penelitian tabung reaksi telah dilakukan pengujian dan diamati bahwa ekstrak kayu manis mampu untuk memusnahkan jenis dari sel kanker tertentu, diantaranya adalah kanker kulit. Adanya kandungan berupa antioksidan di dalam kayu manis memiliki peran yang penting untuk mencegah dari penyakit kanker.

Menyehatkan Otak

Agar fungsi otak tetap baik, maka kamu bisa mengonsumsi kayu manis. Senyawa di dalam kayu manislah yang mampu untuk menghambat terjadinya penumpukan protein di otak. Rempah ini nantinya akan melindungi neuron, meningkatkan fungsi motorik, dan tingkat neurotransmitter yang akan dinormalisasi.

Hal inilah yang akan menghindarkanmu dari penyakit degeneratif, misalnya seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson yang paling umum terjadi.

 

3 dari 5 halaman

Menurunkan Gula Darah serta Menangkal Bakteri dan Jamur

 Ilustrasi Gula Darah di Tubuh
© Foto. pixabay

Menurunkan Gula Darah

Kayu manis bisa memberikan efek antidiabetik yang cukup kuat dengan cara menurunkan kadar gula darah di tubuh. Kinerja kayu manis tidak jauh berbeda dengan insulin, hormon yang memiliki tanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Selain itu, kayu manis juga bisa untuk memperlambat penguraian karbohidrat di usus dan mencegah agar gula darah tidak meningkat setelah kamu makan.

Menangkal Bakteri dan Jamur

Manfaat kayu manis juga bisa untuk menangkal bakteri dan jamur. Hal ini karena kayu manis sendiri memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan kayu manis yang mampu menghindarkanmu dari penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

Bakteri-bakteri berbahaya tersebut diantaranya berupa E.coli, Staphylococcus, dan Salmonella. Di dalam air rebusan kayu manis terdapat sifat anti mikroba yang ampuh dalam menyembuhkan luka secara cepat dan mencegah terjadinya infeksi di kulit. Selain itu, keberadaan sifat anti bakteri pada kayu manis mampu mengurangi bau mulut serta mencegah gigi dari kerusakan.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Menyehatkan Jantung

 Ilustrasi Kesehatan Jantung
© Foto. freepik

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis yang sayang kamu lewatkan adalah bisa untuk mendukung program penurunan berat badan. Ini cocok sekali bagi kamu yang sedang diet dan ingin melakukannya secara alami. Dengan mengonsumsi kayu manis dipercaya mampu menurunkan kadar lemak atau mengurangi lingkar pinggang.

Tidak hanya itu saja, kayu manis juga mampu mengurangi respons negatif tubuh pada makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi dan berisiko menaikkan berat badan.

Menyehatkan Jantung

Manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk menyehatkan jantung. Dalam sebuah studi tabung telah menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam kayu manis mampu mengurangi tanda-tanda peradangan. Hal ini juga bermanfaat untuk mejaga kondisi jantung tetap sehat.

Dari studi yang dilakukan pun menunjukkan bahwa kayu manis mampu mengurangi tekanan darah dan kadar trigliserida serta kolesterol yang buruk. Apalagi rempah satu ini juga bisa meningkatkan kolesterol yang baik, sehingga bisa lebih menyehatkan jantung.

 

5 dari 5 halaman

Mencegah Penuaan dan Mengatasi PMS

 Ilustrasi Nyeri PMS
© Foto. freepik

Mencegah Penuaan

Manfaat kayu manis selanjutnya bisa untuk mencegah penuaan. Dalam sebuah studi membuktikan bahwa kayu manis bisa meningkatkan pembentukan kolagen serta meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Efek inilah yang nantinya bisa mencegah dari terjadinya penggelapan, kerutan, dan penuaan di kulit. Selain itu, adanya efek anti bakteri di dalam kayu manis mampu menjaga kulitmu dari bakteri-bakteri yang memicu kemunculan jerawat.

Mengatasi PMS

Bagi perempuan wajib tahu bahwa kayu manis bisa mengatasi PMS. PMS memang menjadi masalah tersendiri bagi perempuan karena kondisi tubuh benar-benar tidak nyaman. Kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan kayu manis untuk meredakan rasa nyeri haid dan membuat perutmu lebih tenang.

Bahkan sudah dibuktikan juga bahwa kayu manis mampu mengurangi perdarahan saat menstruasi, mual yang parah saat PMS, dan frekuensi muntah.

Itulah beragam manfaat kayu manis bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sahabat Dream bisa mulai mencoba mengonsumsinya. Selamat mencoba.

 

 

 

Join Dream.co.id