Di Balik Duri Tajamnya Tersimpan 7 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fresh | Rabu, 11 Mei 2022 15:35

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Kaktus memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Dream – Kaktus selama ini dikenal sebagai tanaman hias. Permukaan yang berduri menjadi salah satu ciri khas dari tanaman ini. Ada berbagai jenis kaktus dengan bentuk menarik. Di mana sahabat Dream bisa meletakkannya di luar ruangan atau di dalam ruangan untuk mempercantik halaman rumah atau ruang tamu.

Kaktus sendiri adalah jenis tanaman yang mampu bertahan lama tanpa adanya air. Ketika kaktus menyerap air dengan akarnya itulah, ia akan menyimpan air tersebut di dalam batangnya. Sedangkan fungsi dari duri-duri di permukaannya adalah untuk mengurangi penguapan air.

Selain cantik, ternyata manfaat kaktus bagi kesehatan juga sangat luar biasa lho, sahabat Dream. Mungkin hal ini belum banyak diketahui orang. Kaktus yang selama ini lebih banyak dilihat sebagai tanaman hias ternyata bisa menjadi obat sekaligus bahan untuk kecantikan yang patut dicoba.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kaktus untuk kesehatan dan kecantikan sebagaimana dirangkum Dream melalui 99.co.

Di Balik Duri Tajamnya Tersimpan 7 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman Jenis Kaktus Ternyata Juga Berkhasiat Buat Kesehatan Dan Kecantikan
2 dari 4 halaman

Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan© Unsplash.com

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kaktus yang pertama adalah bisa membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena kaktus memiliki kandungan berupa serat yang memang baik untuk sistem pencernaan. Di mana bagi sahabat Dream yang teratur mengonsumsi kaktus, maka akan membantu merangsang gerak meremas pada otot-otot halus yang ada di usus.

Adanya serat dalam kaktus inilah yang bisa membuat feses menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan. Bahkan bagi kamu yang mengonsumsinya akan terhindar dari masalah pencernaan yang membuat tidak nyaman, seperti sembelit dan diare.

Mengendalikan Gula Darah

Kondisi gula darah dalam tubuh haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai gula darah kita tinggi. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itulah, sahabat Dream penting memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu makanan yang mampu mengendalikan gula darah adalah tanaman kaktus. Manfaat ini sudah dilakukan penelitian melalui Jurnal ISRN Pharmacology yang membuktikan bahwa ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah serta meningkatkan glikogen di otot dan hati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan© Freepik.com

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat kaktus yang tak kalah istimewa adalah bisa menurunkan risiko kanker. Seperti yang diketahui bahwa kanker menjadi salah satu penyakit menakutkan karena mampu merenggut korbannya kapan saja. Bahkan penderita kanker harus melalui pengobatan yang ketat dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi dengan sangat baik.

Nah, kaktus ternyata mampu menurunkan risiko kanker karena kandungan antioksidannya. Ada berbagai jenis antioksidan dalam kaktus, seperti pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat. Kesemua antioksidan itulah yang nantinya mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas serta hal yang menjadi pemicu sel kanker.

Menyamarkan Noda di Sekitar Mata

Apakah sahabat Dream pernah mengalami lingkaran hitam di sekita mata? Ya, hal ini kerap dialami oleh seseorang yang sering begadang dan mengalami kelelahan. Kondisi ini terkadang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan berusaha untuk menghilangkannya dengan cara dikompres dan sebagainya.

Tetapi ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam itu, yakni dengan menggunakan kaktus. Caranya adalah dengan menggunakan air tetesan dari tanaman kaktus. Lalu dicampurkan dengan minyak zaitun atau pun serum wajah.

Kemudian aplikasikan di sekitar mata. Hal ini akan membantu untuk meringankan kantung mata karena kandungan antioksidannya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Kecantikan© Freepik.com

Mencegah Penuaan Dini

Tanaman kaktus bisa sahabat Dream andalkan untuk kecantikan diri juga, salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam kaktus yang cukup tinggi. Sehingga wajar saja jika hal itu sangat baik utnuk melindungi kulit dari serangan radikal bebas.

Nah, salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya garis-garis halus di wajah. Namun berkat kandungan flavonoid dan protein, maka sangat ampuh untuk mencegah kondisi penuaan dini. Tak hanya itu saja, kaktus juga mampu merangsang tumbuhnya sel baru dan membantu dalam menyerap nutrisi di lapisan epidermis kulit.

Menghilangkan Komedo

Komedo menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar orang. Biasanya komedo ini menumpuk di area hidung. Tak jarang orang-orang memencet komedo untuk bisa menghilangkannya. Namun, sahabat Dream bisa juga memanfaatkan tanaman kaktus.

Manfaat kaktus ini bisa sahabat Dream dapatkan dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi minyak. Nantinya minyak itulah yang ampuh mengangkat komedo di wajahmu.

Melembapkan Kulit

Salah satu ciri kulit yang sehat adalah kondisinya yang lembap. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Apalagi jika sahabat Dream kerap beraktivitas di luar ruangan atau bekerja di ruangan yang ber-AC. Hal ini bisa membuat kulit cepat kering.

Nah, ternyata kaktus bisa membuat kulit menjadi lebih lembap. Bahkan kulitmu juga bisa lebih kenyal dengan menggunakan tanaman berduri ini. Jadi, bisa sahabat Dream coba ya.

Join Dream.co.id