Bahaya Sering Mandi Air Hangat

Fresh | Minggu, 31 Maret 2019 11:01
Bahaya Sering Mandi Air Hangat

Reporter : Cynthia Amanda Male

Aktivitas menyenangkan ini jika dilakukan terlalu sering bisa membahayakan kesehatan. Apa utamanya?

Dream - Mandi menggunakan air hangat sangat nyaman untuk tubuh. Apalagi setelah menjalani hari yang melelahkan. Rupanya aktivitas menyenangkan ini jika dilakukan terlalu sering bisa membahayakan kesehatan kulit.

Terutama jika suhu air yang kita gunakan untuk mandi terlalu panas. Panasnya air bisa mengikis kelembapan alami kulit dan membuatnya jadi kering serta mudah iritasi..

" Hal ini sama dengan kemampuan air panas mengikis minyak atau lemak pada piring. Kulit kita mengandung natural moisturizing factor yang bisa dikikis air hangat," tutur Kardiana Dewi, seorang dokter kulit, saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, sesekali mandi air hangat tidak masalah. Tapi sebaiknya tak dilakukan setiap hari dan suhunya tidak boleh terlalu panas.

" Biasanya saat kecil sudah terbiasa pakai air hangat, jadi waktu dewasanya makin hangat. Sebaiknya, pelan-pelan diubah kebiasaannya," kata Kardiana.

Untuk mengubah kebiasaan tersebut, kamu bisa memulainya dengan mencampur sedikit demi sedikit air dingin ke dalam air hangat. Sehingga, perlahan-lahan kamu bisa terbiasa dengan suhu air normal.

Selain itu, mandi pun tidak boleh terlalu lama, karena bisa membuat kulit keriput dan kering.

" Buat yang terbiasa, mulai dari guyuran kedua, coba dicampur pelan-pelan dengan air dingin. Dan mandi juga jangan lama-lama supaya kulit nggak keriput," tutupnya. (ism) 

Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis
Join Dream.co.id