Tak Ada Lagi 4 Sehat 5 Sempurna, Gantinya Pedoman Gizi Seimbang

Fresh | Selasa, 10 Desember 2019 18:36
Tak Ada Lagi 4 Sehat 5 Sempurna, Gantinya Pedoman Gizi Seimbang

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Prinsip gizi seimbang tidak hanya memerhatikan makanan yang masuk, tapi juga makanan yang keluar.

Dream - Rumus 4 sehat 5 sempurna pasti sudah tak asing lagi kamu dengar. Namun,  pedoman tersebut sudah ketinggala zaman  sudah disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Semibang (PSG).

PSG sendiri merupakan tatanan kelengkapan gizi baru yang pastinya tidak ada dalam rumus 4 sehat 5 sempurna. Tidak hanya tentang makanan, tapi PSG juga membahas tentang perilaku menikmati makanan yang pastinya memiliki dampak bagi kesehatan.

Prinsip Gizi Seimbang tidak hanya memerhatikan makanan yang masuk, tapi juga memerhatikan makanan yang keluar, olahraga serta mengontrol berat badan untuk mengetahui kesehatan dan keseimbangan gizi yang sudah masuk ke tubuh. Yuk cari tahu empat pilar Pedoman Gizi Seimbang agar keluarga tetap sehat.

2 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Beragam

 Konsumsi Makanan Beragam

Selain untuk mengatasi bosan dengan makanan yang terlalu sering dimakan, konsumsi makanan beragam juga sangat penting untuk kebutuhan gizi tubuh. Tidak ada satu pun makanan yang mengandung segala nutrisi, maka dari itu perlu mengkonsumi makanan beragam untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Seperti halnya nasi, kaya akan karbohidrat tapi sedikit mengandung vitamin. Sayuran yang kaya serat namun tidak memiliki kandungan protein.

Konsumsi makanan beragam pastinya juga harus memperhatikan porsi yang masuk setiap harinya. Prinsip PSG, selain berbagai macam makanan yang harus dikonsumsi, porsi makan juga harus seimbang, tidak berlebihan dan dilakukan secara rutin.

3 dari 5 halaman

Perilaku Hidup Bersih

 Perilaku Hidup Bersih

Hidup bersih pastinya sangat berpengaruh ke kesehatan. Kurang memerhatian kebersihan berpotensi terkena infeksi bakteri dan kuman tertentu. Kuman dan bakteri menyebabkan penyakit yang bersarang ditubuh, sehingga akan mmempengaruhi gizi yang masuk pada tubuh secara langsung.

Pastinya saat tubuh terserang penyakit, perasaan tidak enak makan akan datang dan menyebabkan gizi yang masuk ke tubuh juga berkurang. Untuk itu menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting.

4 dari 5 halaman

Kegiatan Fisik

 Kegiatan Fisik

Kegiatan fisik seperti olahraga pastinya mampu mengontrol gizi yang masuk dan keluar pada tubuh. Olahraga menjaga metabolisme tubuh terjadi dengan baik dan seimbang, sehingga kandungan gizi yang masuk pada tubuh tidak mengendap begitu saja. Kelebihan kalori pada saat mengkonsumsi makanan juga bisa dibakar melalui olahraga sehingga tidak ada timbunan lemak pada tubuh.

5 dari 5 halaman

Mempertahankan dan Memerhatikan Berat Badan

 Mempertahankan dan Memerhatikan Berat Badan

Menyadarkan masyarakat untuk memiliki berat badan yang seimbang. Seimbang dalam artian Indeks Masa Tubuh (IMT) pada orang dewasa yaitu pada angka 18,5-25,0 sedangkan gemuk berkisar antara IMT 25,0 - 29,9 dan obesitas pada angka IMT 30,0 atau lebih.

Cara mengukur IMT ini yaitu dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan(m) kuadrat. Pada bayi dan balita perkembangan berat badan harus sesuai dengan pertambahan umur sesuai dengan KMS.

Jangan hanya perhatikan makanan yang masuk, perhatikan juga empat Pilar Gizi Seimbang agar keluarga tetap sehat. (mut)

(Jossi Andriani /dikutip dari berbagai sumber)

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id