Sophia Latjuba Lakukan Ini untuk Hindari Virus Corona

Fresh | Jumat, 31 Januari 2020 06:24
Sophia Latjuba Lakukan Ini untuk Hindari Virus Corona

Reporter : Cynthia Amanda Male

Aktris 49 tahun ini justru tidak ingin salah informasi karena terlalu banyak membaca.

Dream - Penyebaran virus corona semakin luas. Semua orang di penjuru dunia pun melakukan upaya agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

Model Sophia Latjuba tak ketinggalan. Ia menjaga daya tahan tubuh dengan tetap rutin berolahraga, istirahat cukup, serta mengonsumsi makanan sehat.

" Virus apapun itu yang penting jaga imunitas, olahraga, tidur cukup, makanannya dijaga dan tetap higienis," kata Sophia ini di Hermitage Hotel, Jakarta Pusat, Kamis 30 Januari 2020.

Pemain film I Am Hope ini melakukan pencegahan tersebut tidak semata-mata ingin pergi keluar negeri. Melakukan yoga serta menjadi vegan merupakan keseharian yang telah dijalani selama sepuluh tahun terakhir.

" Enggak ada rencana keluar negeri. Menjaga saja. Virus kan enggak ada obatnya. Itu hanya pencegahan saja, yang penting imunitasnya top."

Ia pun tidak mencari tahu terlalu jauh seputar virus corona. Aktris 49 tahun ini justru tidak ingin salah informasi karena terlalu banyak membaca.

" Enggak sih, kalau baca informasinya berlebihan juga infonya suka salah nanti. Jadi, santai saja," tutupnya.

2 dari 5 halaman

Beredar Kabar Bawang Putih dan Air Bisa Tangkal Virus Corona, Ketahui Faktanya

Dream - Virus corona memunculkan kepanikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Virus 2019-nCoV saat menyerang saluran pernapasan bawah maka bisa menimbulkan pneumonia yang bisa menyebabkan gagal napas.

Meski belum ditemukan kasus virus corona Wuhan di Indonesia, mulai bermunculan pesan berantai di media sosial (WAG) mengenai pengobatan alternatif yang diklaim mampu menyembuhkan infeksi virus tersebut.

Isi pesan-pesan tersebut tak beda jauh, yaitu mengenai manfaat bawang putih untuk pengobatan virus, termasuk virus corona. Berikut isi pesan berantai berikut:

"  Dokter zong yi dia udh kena virus selama 8 hari. Jadi, bawang putih dikupas kulitnya , trs bawang putih ny di rebus selama 3 menit .( Airnya 7 gelas ) Yang kena virusnya sekali minum 2 kali . Pas hari kedua udh agak mendingan sakitnya, serta keluarkan dahak hitam dan sudah tidak demam lg. Pas bsk harinya sudah kembali normal (sudah sembuh)"

Dalam pesan lain, berbunyi: " Ini bawang putih yg besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkok di tuang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu di minum langsung 2 gelas ,ternyata pasien yg kena Virus Corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!!"

3 dari 5 halaman

Benarkah Demikian?

Dokter spesialis paru Faisal Yunus, virus corona yang saat ini menyebar di dunia belum ada obatnya. Dia mengatakan, infeksi virus tergantung dari daya tahan tubuh seseorang.

" Bila daya tahan baik, bisa sembuh sendiri. Maka bila ada yang sembuh makan bawang putih, sembuhnya ini kemungkinan memang sembuh sendiri. Jadi bila tidak makan bawang putih pun dia bisa sembuh," ujar Faisal ketika dihubungi lewat pesan teks oleh Health Liputan6.com

Selain itu, Faisal mengatakan bahwa penyembuhan setiap pasien yang sudah terkena pneumonia pun juga berbeda-beda. Hal itu tergantung dari daya tahan pasien serta virus itu sendiri.

Beredar juga kabar kalau virus corona bisa dicegah dengan minum air putih, hal tersebut juga tidak benar, karena banyak faktor berpengaruh pada penularan virus corona.

Fakta selengkapnya baca di sini.

Laporan Giovani Dio Prasasti

4 dari 5 halaman

Menguak Pengobatan Pasien Virus Corona di China hingga Sembuh

Dream - Komisi Kesehatan Nasional China menyatakan sudah ada 60 orang yang sembuh dari virus corona. Padahal obat untuk virus tersebut belum ditemukan. Pertanyaan pun bermunculan, mengapa para pasien bisa sembuh?

Rupanya, standar prosedur perawatan pasien virus corona 2019Ncov sudah ditetapkan oleh Komisi Kesehatan setempat untuk mengatasi virus corona yang mematikan. Dikutip dari South China Morning Post (SCMP), prosedur tersebut diawali dengan melakukan isolasi pada suspek corona.

Pasien yang membutuhkan " perawatan dasar" harus diberikan oksigen tambahan dan obat antivirus. Virus corona ini memiliki gejala seperti pneumonia.

Penanganannya boleh dibilang mirip dengan penyakit pneumonia, termasuk pemberian obat-obatan. Sifat virus sebenarnya akan mati dengan sendirinya dalam hitungan hari jika imunitas tubuh bekerja dengan baik.

Untuk pasien dalam kondisi serius atau kritis, prosedur oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO) dan pengobatan jantung-dan-paru buatan bisa diberikan.

ECMO merupakan prosedur pemompaan darah melalui perangkat yang menambah oksigen ke dalamnya dan kemudian memompanya kembali ke tubuh pasien.

 Virus Corona Juga Sebabkan SARS dan MERS, Ini Gejala Khasnya© MEN

Prosedur ini diketahui telah dilakukan pada pasien yang ada di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan. Pengobatan ECMO tak bisa diterapkan pada semua pasien, tapi hanya pada mereka yang sudah dalam kondisi sangat kritis.

5 dari 5 halaman

Prosedur juga dilakukan untuk pasien SARS dan flu burung

" Perawatan ini membutuhkan banyak sumber daya dan hanya tersedia di rumah sakit utama. Perlu setidaknya empat perawat untuk melakukannya," kata Profesor David Hui Shu-cheong, spesialis paru di pernapasan di Universitas Cina Hong Kong.

Selama wabah SARS di Hong Kong pada 2003, pasien dengan gagal napas berat hanya didukung oleh ventilasi mekanik konvensional. Namun, ECMO telah digunakan di Cina untuk wabah influenza lainnya, termasuk H1N1 pada 2009 dan H7N9 (flu burung) pada 2013.

Sumber: SCMP

Terkait
Join Dream.co.id