Sering Dijadikan Camilan Sehat, Ini Efek Samping Konsumsi Kacang

Fresh | Selasa, 12 Oktober 2021 14:13

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ini manfaat dan efek samping konsumsi kacang.

Dream - Kacang seringkali dijadikan sebagai pengganti makanan ringan yang sehat dan bernutrisi. Kamu bisa memenuhi kebutuhan protein dan lemak harian dengan mengonsumsi kacang.

Kalori kacang pun tidak terlalu tinggi dibandingkan makanan ringan lainnya. Sehingga, kamu bisa memenuhi nutrisi tanpa khawatir dengan kenaikan berat badan.

Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi kacang tanah berlebihan. Mengonsumsi kacang tanah juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Apalagi, jika dikonsumsi dengan cara yang salah.

Dilansir Eat This, berikut dampak buruk konsumsi kacang tanah bagi kesehatan.

Sering Dijadikan Camilan Sehat, Ini Efek Samping Konsumsi Kacang
Mengonsumsi Kacang. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Berbahaya bagi kesehatan hati

 Kacang Tanah© Shutterstock

Kandungan aflatoxin pada kacang tanah bisa berbahaya bagi kesehatan hati. Aflatoxin sendiri merupakan sejenis jamur yang ditemukan pada area lembap dan tropis.

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan hati, aflatoxin juga bisa berujung pada penyakit ginjal dan melemahkan daya tahan tubuh.

3 dari 5 halaman

Mengandung antinutrien

 Mengonsumsi Kacang© Shutterstock

Kacang tanah dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya mengandung phytic acid yang bisa mempersulit penyerapan nutrisi seperti seng, zat besi, kalsium, mangan, serta magnesium pada tubuh.

Sebenarnya, kacang juga mengandung nutrisi tersebut. Namun jika penyerapannya sulit, tubuhmu akan lebih sulit menerima nutrisi tersebut.

4 dari 5 halaman

Berpotensi mengonsumsi terlalu banyak garam

 Mengonsumsi Selai Kacang© Shutterstock

Biasanya, kacang yang terjual di pasaran telah dibumbui dengan garam. Sehingga, mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti hipertensi.

Jika ingin membeli kacang, pilihlah yang tidak berbumbu atau mengandung sedikit garam. Beberapa merek telah memberikan label 'rendah sodium' atau 'rendah garam' agar lebih mudah memilih produk yang tepat.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan kadar vitamin tubuh

 Mengonsumsi Kacang© Shutterstock

Terlepas dari dampak buruknya, kacang tanah memiliki lemak baik yang tinggi, serat, vitamin E, asam folat, potasium, serta kandungan menyehatkan lainnya.

Harvard Health Publishing bahkan mengungkapkan bahwa orang yang sering mengonsumsi kacang-kacangan memiliki potensi lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak sama sekali. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan nutrisi serta vitamin di dalamnya.

Join Dream.co.id