Sering Dibilang Jutek? Mungkin Wajah Kamu Memiliki 'Resting Bitch Face'

Fresh | Jumat, 14 Juni 2019 18:15
Sering Dibilang Jutek? Mungkin Wajah Kamu Memiliki 'Resting Bitch Face'

Reporter : Cynthia Amanda Male

Sering diejek karena wajah yang menyebalkan dan selalu terlihat cemberut? Mungkin wajahmu pantas disebut Resting Bitch Face.

Dream - Sering diejek karena raut wajah yang dibilang menyebalkan dan selalu terlihat cemberut? Meski tak menyenangkan, kamu jangan emosi dahulu dengan ejekan itu.

Tahukah Sahabat Dream jika beberapa orang memiliki raut muka yang memang selalu terlihat cemberut, tak ramah, sinis, atau jarang tersenyum. Padahal mereka merasa menampilkan raut wajah yang biasa-biasa saja.

Ternyata kondisi wajah yang selalu tampak jutek itu dikenal dalam dunia medis dengan RBF atau resting bitch face.

Sangat banyak orang yang memiliki ekspresi wajah seperti ini, seperti Ratu Elizabeth II, Victoria Beckham, Anna Kendrick dan Kristen Stewart.

Umumnya mereka yang memiliki RBF adalah kaum wanita. Tapi dalam beberapa kasus, kaum laki-laki juga ada yang memiliki RBF, salah satunya adalah Kanye West.

Orang-orang ini sering jadi bahan ejekan warganet karena ekspresi normal wajah mereka yang cenderung terlihat tidak ramah, membosankan dan jarang tersenyum.

2 dari 4 halaman

Penelitian Tentang RBF

Penampilan wajah yang menyebalkan dari para pesohor tersebut sempat viral di Internet di tahun 2013. Meme yang menampilkan wajah mereka yang datar dan membosankan membanjiri media sosial.

 Yuk! Coba Cara Cantik 5 Menit ala Victoria Beckham

Berangkat dari fenomena tersebut, perusahaan inovasi dan riset internasional Noldus Information Technology memutuskan untuk melakukan penelitian.

Bersama peneliti perilaku Jason Rogers dan Abbe Macbeth, mereka ingin mengetahui apa yang menyebabkan seseorang menderita sindrom RBF.

 

3 dari 4 halaman

Aplikasi Canggih Pembaca Wajah

Mereka menggunakan aplikasi canggih bernama FaceReader untuk mengetahui apa yang membuat orang-orang ini mengalami RBF.

FaceReader mampu mengidentifikasi ekspresi wajah berdasarkan sebuah katalog yang terdiri dari 10 ribu gambar wajah manusia. Lebih canggih lagi, aplikasi ini bisa membaca wajah yang diambil dari kamera, foto dan video.

Dengan aplikasi itu, kedua peneliti bisa memetakan 500 titik pada wajah manusia untuk kemudian dianalisis sehingga bisa menentukan ekspresi wajahnya.

Ekspresi wajah itu ditentukan berdasarkan delapan emosi dasar manusia, yaitu senang, sedih, marah, takut, terkejut, muak, jijik atau netral.

 

4 dari 4 halaman

Membaca Wajah Para Pesohor

Awalnya para peneliti memasukkan foto tanpa ekspresi sebagai percobaan. Mereka menemukan bahwa FaceReader membacanya sebagai ekspresi netral dengan tingkat 97 persen.

Sedangkan 3 persen sisanya, FaceReader membacanya sebagai ekspresi dengan sedikit emosi di dalamnya, seperti sedih atau terkejut, meski tidak signifikan.

Setelah itu, mereka memasukkan foto para pesohor yang menderita RBF, seperti Kanye West, Kristen Stewart dan Ratu Elizabeth II.

 Kanye West

Ternyata, tingkat emosi yang terdeteksi oleh FaceReader memperlihatkan fluktuasi yang tajam, dari rata-rata 3 persen menjadi 6 persen.

Salah satu emosi yang paling berfluktuasi setelah FaceReader membaca foto para pesohor berasal dari ekspresi jijik.

" FaceReader mengambil sinyal-sinyal halus seperti 'salah satu sudut bibir tertarik ke dalam dan mata agak menyipit' atau 'adanya pengencangan di sekitar kedua mata dan sudut bibir sedikit terangkat, tapi bukan tersenyum'," pungkas Macbeth.

Oh ya, Sahabat Dream bisa kirim foto dengan ekspresi yang paling dianggap normal atau netral ke jason@noldus.com.

FaceReader akan memberitahu apakah ekspresi Sahabat Dream itu memang netral atau ada masalah dengan sindrom RBF.

(Sah, Sumber: washingtonpost.com)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id