Selalu Kelaparan Tengah Malam, Ternyata Ini Sebabnya

Fresh | Senin, 26 Juli 2021 09:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Tiba-tiba perut keroncongan, padahal baru dua jam lalu menyantap makan malam.

Dream – Rasa lapar merupakan reaksi alami yang menandakan bahwa tubuh membutuhkan asupan kalori dari makanan. Hal ini tentunya dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Termasuk tengah malam, waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat dari segala aktivitas.

Beberapa orang kerap merasa lapar saat larut. Biasanya hal ini terjadi ketika semua lampu mulai dipadamkan. Saat berbaring di tempat tidur, sudah pakai selimut, dan rasanya sangat rileks lalu membuka handphone, TV, atau baca novel.

Tiba-tiba perut keroncongan, padahal baru dua jam lalu menyantap makan malam. Mengapa hal ini terus terjadi? Menurut para ahli, banyak faktor yang memicu munculnya rasa lapar tengah malam.

" Perhatikan, coba analisis apakah itu benar-benar lapar atau kamu hanya bosan atau emosi lain. Itulah yang sering terjadi,” ujar Lisa Young, penulis 'Finally Full, Finally Slim' yang juga profesor gizi di Universitas New York.

 

Selalu Kelaparan Tengah Malam, Ternyata Ini Sebabnya
Lapar Tengah Malam/ Shutterstock
2 dari 7 halaman

Menu Kaya Karbohidrat

Lisa menambahkan bahwa secara fisiologis, bisa juga rasa lapar muncul karena tidak makan dengan cukup di siang atau malam hari. Terlebih jika menu yang disantap sejak pagi hingga malam sangat minim asupan protein.

Mereka yang makan menu kaya karbohidrat memang lebih cepat kenyang, tapi tidak tahan lama. Dalam hitungan jam, rasa lapar kembali datang. Karbohidrat dicerna lebih cepat, dan membuat lebih cepat lapar daripada mengonsumsi protein, lemak, dan serat.

Selain menu yang kurang protein dan terlalu banyak karbohidrat, kebiasaan tidur larut juga jadi pemicunya. Paling sering, merasa lapar pada malam hari disebabkan oleh waktu tidur yang terlambat atau masalah tidur lainnya.

Dianjurkan tidur tujuh hingga delapan jam per hari. Sayangnya banyak orang dewasa yang menderita gangguan tidur, seperti insomnia atau apnea. Maka dari itu, beberapa orang yang bangun malam sering 'diobati' dengan makanan.

 

3 dari 7 halaman

Bagaimana cegah lapar malam hari?

Mulailah dengan tidur lebih awal dan perhatikan apa yang kamu makan untuk makan malam. Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi makan berlebihan terutama tinggi karbohidrat, dapat mempercepat waktu atau meningkatkan intensitas rasa lapar di kemudian hari.

 Kapan Waktu Makan Malam yang Tepat? Ini Kata Para Ahli
© MEN

" Pastikan makanan terakhir hari itu mengandung tak lebih dari 25 persen karbohidrat. Piring idealnya penuh dengan sayuran dan protein," ujar Hannah Brilling, seorang ahli diet klinis.

Tidak ada yang salah dengan makan di malam hari, selama asupan kalori harianmu tepat. Bahkan, itu dapat membuatmu tidur lebih nyenyak.

Laporan: Angela Irena Mihardja / Sumber: PopSugar

4 dari 7 halaman

Kapan Waktu Makan Malam yang Tepat? Ini Kata Para Ahli

Dream – Setelah seharian beraktifitas, kembali ke rumah adalah pilihan yang tepat. Terlebih bila bertepatan dengan waktu makan malam. Namun, sebagian orang tidak memiliki jadwal makan malam yang teratur.

Jadwal kerja yang berubah-ubah, semakin membuat jam makan malam berbeda di tiap harinya. Pertanyaannya adalah apakah ada waktu khusus untuk makan malam?

Seorang ahli gizi, Cynthia Sass, RD, CSSD dan Sydney Greene, MS, RD yang berbasis di Greene Health, mencoba memberikan pendapatnya.

Menurut Greene, makan besar sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur seseorang. Sehingg penting untuk mengatur waktu makan malam.

Tujuannya adalah untuk menyelesaikan makan malam dan makanan penutup setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.

Pnelitian itu mengungkapkan mereka yang menjalani 2-3 jam tanpa makan sebelum tidur mengalami penurunan kanker, risiko resistensi insulin, dan peradangan.

5 dari 7 halaman

Waktu makan malam yang dianjurkan

 Ilustrasi
© Freepik

Sass juga mengatakan hal yang sama. “ Saya biasanya merekomendasikan makan malam 3 jam sebelum seseorang tidur, dengan pengecualin tertentu kepada atlit atau seseorang yang sedang menjalani program kesehatan,” ungkap Sass.

Sedangkan untuk waktu tunggu antara jam makan siang dan makan malam, kedua pakar tersebut pun memberikan pendapatnya.

" Secara umum, saya mendorong klien untuk menggunakan 3-5 jam di antara waktu makan karena ini memungkinkan tubuh memiliki waktu yang tepat untuk pencernaan," jelas Greene.

Sass juga mengatakan antara 4-5 jam adalah jumlah waktu yang cukup untuk menunggu antara waktu makan siang dan malam.

6 dari 7 halaman

Cemilan di sela waktu makan

 Ilustrasi
© Freepik

 

Terkait cemilan di sela waktu makan keduanya memberikan persepektif yang sama. Jika 2 jam berlalu sejak seseorang makan camilan, maka ia diperbolehkan untuk makan malam.

" Karena kebanyakan orang makan siang sekitar tengah hari dan jam 1 siang, kemudian makan malam sekitar jam 7-8 malam, saya sarankan untuk makan camilan sekitar jam 3-4 sore,” ungkap Greene.

Seseorang yang harus bekerja lembur atau suka berolahraga harus memperhatikan waktu makan malam. Sebaiknya tidak melewatkan makan malam.

" Ketika orang melewatkan makan, mereka lebih mengandalkan camilan yang menyebabkan makan berlebihan karena kurangnya kepuasan secara keseluruhan," jelas Greene.

Sass juga menambahkan jika bekerja lembur sebaiknya siapkan makan malam sebagai bekal. Sehingga makan malam tidak akan terlewat.

7 dari 7 halaman

Makan malam yang cukup

 Ilustrasi
© Freepik

Makan dalam jumlah besar dapat mengganggu siklus tidur Anda sama seperti tidak makan cukup sebelum tidur.

Makan malam dalam jumlah besar dapat mengganggu siklus tidur. Sama halnya saat seseorang tidak makan dalam porsi yang cukup.

Hal ini dapat membuat tidur tidak nyenyak atau terbangun di malam hari karena lapar. Tubuh juga akan kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan penyembuhan sel-sel dalam tubuh.

Makan malam memang tidak memiliki waktu khusus. Namun, dengan mempertimbangkan berbagai faktor, sebaiknya atur waktu makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

(Sumber: eatthis.com)

Join Dream.co.id