Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Bantu Daya Tahan Tubuh Lho!

Fresh | Kamis, 2 Juli 2020 06:46
Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Bantu Daya Tahan Tubuh Lho!

Reporter : Ulyaeni Maulida

Kandungan nutrisi buah sirsak sangat baik untuk bantu jaga kesehatan tubuh.

Dream – Cara meningkatkan daya tubuh terus dicari masyarakat selama pandemik Covid-19. Mereka yang ingin praktis akan mengonsumsi vitamin atau obat herbal yang tinggal dibeli di apotik atau minimarket. Sebagian lagi memilih mengonsumsi bahan-bahan alami dan mengolahnya sendiri.

Menjaga daya tahan tubuh secara alami bisa Sahabat Dream dapatkan dengan mengonsumsi buah sirsak. Sirsak adalah tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun buah ini juga banyak ditemukan di Indonesia.

Buah dengan nama latin Annona Muricata L ini memiliki rasa yang manis dan asam menyegarkan. Selain itu, buah sirsak juga kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat dan karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C, B1, dan B2.

Berikut beberapa manfaat sirsak yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C, B1, serta B2 yang ada di dalam sirsak dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.  

Sirsak mengandung vitamin C serta memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat sebagai penangkal paparan radikal bebas. Mengonsumsi sirsak, mampu mengurangi risiko tubuh terkena penyakit kronis misalnya hipertensi juga diabetes atau kencing manis.

3 dari 6 halaman

Mencegah Sel Kanker

 Sirsak© Shutterstock

Daun sirsak juga diketahui bermanfaat untuk anti kanker atau anti tumor yang sangat kuat. selain itu buah sirsak sendiri mengandung asam lemak annonaceous acetogenins yang mampu mencegah tubuh agar tidak terserang penyakit kanker dan mampu mengurangi ukuran tumor.

Sirsak dipercaya sebagai obat alami untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

4 dari 6 halaman

Hilangkan Stres

 Stres Bisa Mempercepat Timbulnya Kerutan dan Garis Halus© MEN

Sirsak mengandung sifat antiinflamasi yang membuat tubuh merasa lebih tenang. Rutin mengkonsumsi sirsak akan membuat seseorang terlepas dari segala kepenatan dan stres.

Terutama bila sedang mengalami gangguan kecemasan. Sirsak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena kandungannya dapat membantu tubuh kembali tenang.

5 dari 6 halaman

Menjadi Sumber Energi

 Sirsak© Pixabay.com

Sirsak dapat menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Terutama bila telah melakukan aktifitas yang berat.

Mengkonsumsi buah sirsak akan membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang. Hal tersebut lantaran sirsak mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga efektif dalam membangkitkan energi.

6 dari 6 halaman

Meredakan Peradangan

Ekstrak buah sirsak memiliki efek antiradang. Diketahui, radang adalah penyakit yang memiliki tanda iritasi, infeksi seperti memar, nyeri atau bahkan lebam.

Efek ini dapat meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat (gout), hipertensi, dan arthritis.

Join Dream.co.id