Cara Ngopi Ramah Lingkungan ala Iqbaal Ramadhan

Fresh | Jumat, 17 September 2021 13:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

"Kalau terus begini, bisa saja 2050 lebih banyak plastik di laut daripada ikan."

Dream - Setiap harinya manusia mengonsumsi makanan dan minuman yang dikemas rapi dengan plastik agar terjaga kebersihannya. Setelah menikmati makanan dan minuman tersebut, kemasan plastik dibuang ke tempat sampah.

Banyak orang yang mengira, perjalanan sampah plastik ini sudah berakhir ketika masuk tempat pembuangan. Namun nyatanya, penjalanan sampah-sampah plastik ini sangatlah panjang. Bahkan hingga ratusan tahun agar terurai.

 TBS© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Pengelolaan sampah di Indonesia faktanya juga belum berjalan baik. Menurut The National Plastic Action Partnership ada 4,8 juta ton sampah plastik per tahun di Indonesia.

Sekitar 48 persennya dibakar di ruang terbuka, 13 persen tidak dikelola dengan layak di tempat pembuangan sampah resmi, dan sembilan persen mencemari saluran air dan laut.

“ Kalau terus begini, bisa saja 2050 lebih banyak plastik di laut daripada ikan, dan lebih banyak mikro plastik daripada plankton,” Gede Robi, aktivis lingkungan pada konferensi virtual #KerenTanpaNyampah, September 2021.

Cara Ngopi Ramah Lingkungan ala Iqbaal Ramadhan
Iqbaal Ramadhan (Instagram @iqbaal.e)
2 dari 4 halaman

Kurangi Penggunaan Plastik

Sebenarnya, masalah sampah plastik teratasi jika masyarakat sadar untuk meminimalisir penggunaan plastik.

Hal-hal kecil dapat dilakukan bersama untuk mengurangi sampah plastik, seperti membawa tumbler sendiri saat membeli kopi, membawa tas saat berbelanja dan menghindari penggunaan plastik.

 TBS© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Aku kalau ngopi selalu bawa tumbler sendiri selain lebih ramah lingkungan tumbler juga lebih menjaga dingin atau hangatnya kopi,” tutur aktor Iqbaal Ramadhan.

3 dari 4 halaman

Kembalikan Botol Plastik Skincare dan Bodycare

The Body Shop Indonesia atau TBS ikut mendukung mengurangi sampah plastik dengan mengajak masyarakat ikut kampanye #KerenTanpaNyampah.

Kampanye ini mengajak masyarakat untuk mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop ke toko-toko terdekat untuk didaur ulang dan hasil pengolahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

“ Sejauh ini, lebih dari 9 juta kemasan yang kembali dari konsumen, dan ini akan terus bertambah” jelas Suzy Hutomo, Executive Chairperson & Owner The Body Shop Indonesia pada kesempatan yang sama.

Suzy menambahkan bahwa The Body Shop selalu mengedukasi konsumennya untuk membawa kembali kemasan kosong yang sudah tidak digunakan.

4 dari 4 halaman

Beli Body Care dengan Bawa Botol Isi Ulang

Gerakan ini tidak hanya sekadar aksi mengembalikan produk, tetapi juga bagaimana mengedepankan inovasi dan terus menggalakkan konsep Full Circular Economy dengan menghadirkan Refill Station.

 TBS© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Mengambil peran aktif dalam solusi atas isu polusi plastik ini, The Body Shopmenghadirkan Refill Station dan juga program penyempurnaan Bring Back Our Bottles 2.0 ini,” tambah Suzy.

Refill Station dapat mendukung pengurangan polusi plastik. Sahabat Dream dapat membeli kemasan botol Aluminium yang dapat diisi ulang sehingga penggunaan kemasan plastik sekali pakai dapat terus dikurangi.

Tak hanya itu, Sahabat Dream akan dapat harga khusus yang lebih ekonomis untuk produk-produk The Body Shop dengan refil botol ini.

Join Dream.co.id