Sabun Biasa dan Sabun Antibakteri, Mana Lebih Baik?

Fresh | Kamis, 13 November 2014 16:15
Sabun Biasa dan Sabun Antibakteri, Mana Lebih Baik?

Reporter : Ervina

Banyak yang menyebut kandungan triclosan dalam sabun antibakteri dapat melindungi tubuh dari kemungkinan terserang penyakit. Benarkah demikian?

Dream - Demi terhindari dari serangan berbagai penyakit, kebiasaan menggunakan sabun antibakteri disebut menjadi salah satu langkah awal pencegahan. Namun, benarkah sabun antibakteri mampu melindungi anda dari serangan penyakit?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Food and Drug Administration milik pemerintah Amerika Serikat seperti dilansir Dailymail, menemukan bahwa tidak ada bukti triclosan memiliki manfaat kesehatan lebih baik dibandingkan sabun biasa. Bahan aktif yang terdapat dalam sabun antibakteri, sabun pembersih tangan, hingga tisu lebih berperan membunuh bakteri, bukan virus.

Sementara sebagian besar penyakit yang menyerang tubuh manusia seperti flu dan pilek disebabkan oleh virus. Sejumlah pembuktian ilmiah menunjukkan cara paling efektif menghindari bateri adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun biasa, menjaga kebersihan makanan yang disajikan dan menjaga kebersihan dapur.

Yang paling mengejutkan, peneliti menyebut jika sabun antibakteri juga merupakan salah satu masalah kesehatan. Anak-anak yang terbukti kontak terlalu lama dengan triclosan selama hitungan bulan hingga tahun berisiko lebih besar mengidap alergi, termasuk alergi bahan makanan tertentu dan demam.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology di tahun 2012 dan Environmental Health Perspectives di tahun 2011 juga menunjukkan anak-anak yang kerap menggunakan sabun antibakteri tidak menjamin kebal terhadap bakteri. Padahal sejatinya, bakteri dapat berguna untuk melatih sistem kekebalan tubuh mereka dalam merespon infeksi atau alergi tertentu.

Terkait
Join Dream.co.id