Rutin Ukur Lingkar Pinggang Demi Kontrol Lemak Perut

Fresh | Minggu, 9 Desember 2018 12:02
Rutin Ukur Lingkar Pinggang Demi Kontrol Lemak Perut

Reporter : Cynthia Amanda Male

Lemak di bagian perut lebih berbahaya dibandingkan lemak di bagian lain

Dream - Bagian perut memang selalu tertutup pakaian. Kondisinya yang buncit dan 'maju' pun bisa dengan mudah disembunyikan. Sebenarnya, perut yang besar dan berlipat tak boleh dibiarkan.

Sahabat Dream sangat dianjurkan untuk mengukur perut secara rutin. Termasuk mengontrol asupan agar lemak di perut tak semakin bertambah.

" Biasanya lemak menumpuk di organ perut. Konsumsi gula, garam, makanan berlemak dan alkohol bisa membuat perut besar," ujar Raissa Edwina, spesialis gizi saat ditemui di Elite Club, Jakarta Selatan.

Alkohol diklaim sebagai penyebab perut besar atau buncit. Pasalnya, kalorinya sangat tinggi dan kandungan gulanya sulit diolah tubuh.

" Gula dari alkohol mudah menumpuk di perut. Makan berlebihan juga bisa membuat perut buncit," jelasnya.

Lemak di perut pun lebih berbahaya daripada di area pipi, lengan atau paha karena penumpukannya terjadi pada organ. Sehingga, orang dengan perut yang besar perlu berjaga-jaga agar tidak ada penumpukan lemak pada organ.

Untuk mencegah penumpukan lemak pada organ, Sahabat Dream bisa menyesuaikannya dengan lingkar pinggang ideal sebagai indikator pencegah obesitas yang menyebabkan penyakit kronis.

Idealnya, maksimal ukuran pinggang perempuan adalah 80 sentimeter. Sementara untuk laki-laki 90 sentimeter.

" Indikator itu berlaku untuk setiap orang di segala usia. Tapi, akan lebih bagus kalau tes laboratorium untuk memastikan kondisi tubuh bebas dari obesitas dan penyakit kronis," ungkap Raissa. (ism)

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id