Rokok Elektrik, Berbahayakah Bagi Kesehatan?

Fresh | Minggu, 3 Desember 2017 08:30
Rokok Elektrik, Berbahayakah Bagi Kesehatan?

Reporter : Dwi Ratih

Rokok elektrik menggunakan cairan nikotin yang dipanaskan dan berubah menjadi uap.

Dream - Rokok elektrik sedang menjadi tren dan digunakan bagi banyak orang. Bagi para penggunanya, rokok elektrik atau vapor dipercaya dapat mengurangi penggunaan rokok tembakau.

Rokok elektrik menggunakan cairan nikotin yang dipanaskan dan berubah menjadi uap.

Peneliti Lembaga Penelitian Kanker Inggris Raya, Lion Shahab menemukan bahwa penggunaan rokok elektrik, meskipun memiliki substansi yang berbahaya ketimbang rokok tembakau, ternyata masih mengandung senyawa kimia berbahaya.

Lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) menyebut ada 18 penelitian mengenai dampak dari uap dan cairan nikotin rokok elektrik.

Meski memiliki pengatur suhu yang mengatur kadar nikotin, namun pengatur suhu tersebut memunculkan carbonyl, senyawa yang mengakibatkan kanker.

Pengaruh bahaya rokok elektrik membuat Kementerian Perdagangan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 7 November 2017 meminta peredaran cairan rokok elektrik mengantongi izin Badan Pangawas Obat dan Makanan (BPOM). Aturan tersebut diharapkan mengurangi potensi bahaya pada cairan rokok elektrik.

BPOM sejauh ini mengawasi betul peredaran produk yang mengandung nikotin dan tar.

Merokok pada dasarnya mengganggu kesehatan tubuh manusia. Salah satu yang efek yang dilanda para perokok yaitu merasa kekurangan cairan tubuh. Rokok akan menimbulkan reaksi yang akan membuat tubuh kita bekerja lebih keras untuk menetralisir zat-zat yang masuk ke dalam.

shutterstock© Dream

 

Memang tak ada cara yang lebih baik daripada berhenti merokok sama sekali. Kebiasaan merokok, baik rokok biasa maupun vape, biasanya dilakukan saat seseorang menghadapi stres. Selain tak menyehatkan, belum tentu juga stres hilang. Paling hanya bisa menghilang sesaat. 

Bukannya menghilang, stres yang tak kunjung diatas ternyata bisa membuat kamu mengalami panas dalam lho. Selain disebabkan kekurangan vitamin C, serat, cairan tubuh, panas dalam juga bisa muncul karena faktor lingkungan dan emosional -salah satuunya stres.

Jika panas dalam menghadang Sahabat Dream, cobalah minum Larutan Penyegar Cap Badak.

Minuman produksi Sinde ini diolah dari bahan herbal alami berteknologi Jerman yang memiliki kandungan Gypsum Fibrosum dan Galcareous Spar.

lpcb© Dream

Bahan alami tersebut terdapat di Larutan Penyegar Cap Badak yang teruji klinis dan diproses secara modern dengan teknologi Jerman cocok untuk membantu meningkatkan kesegaran dan daya tubuh kamu.

Larutan Penyegar Cap Badak tersedia dalam kemasan kaleng 320 ml memiliki tujuh varian rasa buah segar seperti jeruk, stroberi, melon, leci, jambu, anggur dan apel yang membuat rasanya tak pahit.

Join Dream.co.id