Wajib Tahu! 5 Pola Tidur Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Fresh | Sabtu, 13 April 2019 10:01
Wajib Tahu! 5 Pola Tidur Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Pola tidur yang kurang teratur merupakan faktor utama obesitas dan kenaikan berat badan.

Dream - Saat ingin menurunkan berat badan, mungkin Sahabat Dream akan mengikuti kelas olahraga agar lebih semangat membakar lemak dan kalori.

Namun menurut pakar Kavita Devgan, seorang pakar nutrisi, hal pertama yang sebaiknya dilakukan jika ingin langsing bukan olahraga, tapi memperbaiki pola tidur.

Seseorang yang kurang tidur atau memiliki pola tidur buruk, bakal dengan mudah mengalami kenaikan berat badan. Pola tidur yang kurang teratur merupakan faktor utama obesitas dan kenaikan berat badan.

Kurang tidur meningkatkan risiko obesitas hingga 89 persen pada anak-anak dan 55 persen pada orang dewasa. Tidur yang tidak berkualitas juga bisa meningkatkan nafsu makan dengan memengaruhi hormon rasa lapar, ghrelin dan leptin.

Jadi, kamu bisa melakukan ritual tidur agar lebih berkualitas demi menurunkan berat badan. Devgan juga memaparkan bahwa rutinitas malam yang baik akan membuat tidurmu lebih berkualitas dan berat badan lebih mudah turun.

2 dari 3 halaman

Aturan Tidur Demi Turunkan Berat Badan

1. Makan malam porsi kecil

Makan malam lah dengan porsi sedikit 2 jam sebelum tidur. Jadi, kalau kamu tidur pukul 22.00 malam, makanlah pada pukul 20.00.

Porsi makan malam yang sedikit akan membantu metabolisme tubuh untuk mencerna makanan dengan sempurna.

 Bahaya Tidur Tengkurap

2. Jalan kaki setelah makan

Jangan lupa berjalan kaki selama 20 menit setelah makan malam. Jika tidak memiliki tempat yang agak luas, berjalanlah di dalam atau teras kamar.

 

3 dari 3 halaman

Coba Trik Lainnya

3. Perbanyak protein

Sertakan asupan protein saat makan malam daripada makanan berminyak. Banyak mengonsumsi protein akan membantu meningkatkan metabolisme agar pembakaran kalori lebih banyak. Jika porsi makanmu lebih sedikit, kamu bisa menurunkan berat badan.

 Negara Paling Doyan Tidur di Dunia

4. Menu lada hitam

Lada hitam adalah bumbu dapur yang sangat bermanfaat untuk penurunan berat badan. Tambahkan makanan yang mengandung kadar tryptophan tinggi seperti susu, kacang, ayam, ikan dan telur.

5. Makan pisang

Jika kamu memiliki insomnia, makanlah pisang. Pisang bekerja seperti obat tidur. Semoga berhasil!

(ism, Sumber: Times of India)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id