Riset : Protein Bantu Turunkan Tekanan Darah

Fresh | Selasa, 4 November 2014 13:30
Riset : Protein Bantu Turunkan Tekanan Darah

Reporter : Ervina

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari Boston University diketahui mereka yang rutin mengkonsumsi protein dalam porsi tertentu dapat terhindar dari keluhan hipertensi.

Dream - Selain dapat meredam rasa lapar dan memperbaiki otot dalam tubuh, ternyata protein mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Fakta ini diungkap dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Boston University terhadap lebih dari 1.300 orang dewasa berusia 30-45 tahun.

Dalam penelitian ini didapati mereka yang mengkonsumsi sekitar 100 gram protein memiliki kemungkinan 40 persen lebih kecil mengalami hipertensi dibandingkan mereka yang mengkonsumsi protein dengan porsi sekitar 58 gram. Selama proses studi yang dilakukan selama lebih dari 11 tahun, para peserta merupakan penderita tekanan darah rendah hingga kelebihan berat badan yang rutin mengkonsumsi protein dalam kadar yang konsisten.

Hasilnya, para ahli mendapati pria dan wanita di kelompok yang mengkonsumsi protein dengan kadar rata-rata 78 gram per hari memiliki resiko 27 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang mengkonsumsi protein lebih sedikit. Para ahli juga mendapati protein baik untuk menjaga kesehatan jantung.

" Protein nabati dan hewani terutama telur memiliki kandungan arginin yang tinggi. Arginin terbukti mampu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu protein hewani seperti susu juga mengandung senyawa alami yang dapat menjadi obat penurun tekanan darah," tulis Justin Buendia, salah satu tim peneliti seperti dilansir Men's Journal.

Protein juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mengurangi kecenderungan makan berlebih dan menghindarkan anda dari keluhan kenaikan berat badan. Dalam satu hari tubuh seorang dewasa membutuhkan asupan 100 gram protein yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan sehat.

Mulai dari secangkir susu, sebutir telur, sekotak youghurt, keju, berbagai jenis kacang-kacangan, hingga satu porsi roti isi. Paduan menu dan porsi makanan berprotein sangat membantu anda lebih sehat dan terhindar dari keluhan obesitas serta hipertensi.

Ayu Tingting, Kisah Masa Kecil dan Resiko Jadi Populer
Join Dream.co.id