6 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Rempah-Rempah Kaya Khasiat

Fresh | Sabtu, 8 Mei 2021 18:20
6 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Rempah-Rempah Kaya Khasiat

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Kapulaga sudah dimanfaatkan sejak dahulu untuk mengobati beragam penyakit.

Dream – Manfaat kapulaga sudah digunakan sejak dahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Kapulaga adalah salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari India dan banyak digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan. Tidak sedikit dari orang Indonesia yang menggunakan kapulaga untuk memasak berbagai hidangan lezat. Bahkan saat ini kapulaga sudah tersedia di banyak negara.

Kapulaga merupakan polong biji aromatik yang kerap digunakan pada masakan khas India, misalnya seperti khee krim atau pun biryani. Aroma yang dihasilkan dari kapulaga ini sangat khas dan juga memiliki rasa manis di masakan.

Tidak hanya untuk penyedap masakan saja, kapulaga juga digunakan sebagai obat yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Misalnya saja kapulaga kecil atau Choti Elaichi yang biasa digunakan pada obat-obatan Ayurvedic guna meningkatkan kekuatan fisik.

Bagi kamu yang penasaran denga napa saja manfaat kapulaga bagi kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Tekanan Darah serta Mengatasi Bau Mulut dan Mencegah Gigi Berlubang

 Ilustrasi Tekanan Darah
© Pixabay.com

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kapulaga yang pertama bagi kesehatan adalah untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Dalam suatu studi oleh Indigenous Drug Research Center, RNT Medical College India, peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga dalam sehari pada 20 orang dewasa yang didiagnosis tekanan darah tinggi.

Setelah 12 minggu, tekanan darah mereka bisa menurun dan normal kembali. Selain itu, para peneliti juga menganalisis bahwa rempah-rempah mampu untuk menurunkan tekanan darah dikarenakan efek diuretik yang dimilikinya. Dengan begitu, hal ini bisa menghilangkan air yang menumpuk di tubuh melalui peningkatan buang air kecil.

 

Mengatasi Bau Mulut dan Mencegah Gigi Berlubang

Manfaat kapulaga juga bisa untuk membantu mengatasi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang. Dalam sebuh studi oleh Kurukhshetra University, India telah membuktikan bahwa ekstrak kapulaga dipercaya efektif untuk melawan lima bateri yang bisa membuat gigi berlubang.

Kemudian dalam beberapa kasus tabung reaksi, ekstrak kapulaga mampu mencegah pertumbuhan bakteri sampai 0,82 inci (2,08 cm). Lalu ada penelitian tambahan lagi yang membuktikan bahwa ekstrak kapulaga bisa mengurangi jumlah bakteri di dalam sampel air liur mencapai 54 persen.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Masalah Pencernaan serta Memiliki Efek Anti Bakteri dan Mengobati Infeksi

 Ilustrasi Mengalami Masalah Pencernaan
© Pixabay.com

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat kapulaga lainnya bagi kesehatan adalah bisa mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Bahkan manfaat ini telah dirasakan selama ribuan tahun. Biasanya kapulaga dicampurkan dengan rempah-rempah obat lain agar bisa menghilangkan rasa yang tidak nyaman, mual, dan muntah.

Dalam suatu penelitian pada tikus, telah menemukan bahwa ekstrak kapulaga bisa mencegah maupun mengurangi ukuran ulkus lambung paling tidak 50 persen. Dan realitanya, dengan dosis 12,5 mg per kg (5,7 mg per pon) berat badan, ekstrak kapulaga ternyata lebih efektif dibandingkan dengan obat anti-maag pada umumnya.

 

Memiliki Efek Anti Bakteri dan Mengobati Infeksi

Manfaat kapulaga yang jangan sampai terlewatkan adalah memiliki efek anti bakteri dan bisa mengobati infeksi. Dari penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga serta minyak atsiri mempunyai senyawa yang mampu melawan sejumlah bakteri.

Dalam suatu studi tabung membuktikan bahwa minyak esensial yang ada di dalam kapulaga bisa membantu memerangi bakteri Salmonella yang menjadi penyebab keracunan makanan dan Campylobacter yang memiliki kontribusi pada peradangan lambung.

4 dari 4 halaman

Baik untuk Pernapasan dan Memiliki Efek Antiinflamasi

 Ilustrasi Mengalami Masalah Pernapasan
© Freepik.com

Baik untuk Pernapasan

Inilah manfaat kapulaga untuk kelancaran pernapasanmu. Hal ini karena adanya senyawa di dalam kapulaga yang mampu untuk meningkatkan aliran udara ke paru-paru serta meningkatkan pernapasan. Saat digunakan dalam aromaterapi, aroma yang dihasilkan dari kapulaga mampu memberika kesegaran dan membuat tubuh kamu bisa meningkatkan kemampuan menggunakan oksigen secara lebih lama.

Dalam suatu studi yang dilakukan oleh Nitte University, India dengan meminta pada sekelompok peserta agar bisa menghirup minyak esensial kapulaga dalam waktu satu menit. Hal ini mereka lakukan sebelum berjalan di atas treadmill selama 15 menit. Hasilnya adalah kelompok tersebut mampu menyerap oksigen yang jauh lebih tinggi daripada dengan yang kelompok kontrol.

 

Memiliki Efek Antiinflamasi

Manfaat kapulaga berikutnya bagi kesehatan adalah memiliki efek antiinflamasi. Karena efek inilah yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Selain itu, kapulaga juga memiliki senyawa yang bisa menangkal terjadinya peradangan. Kondisi ini dikarenakan tubuh yang terkena benda asing. Jika sampai peradangan ini menjadi akut dan berlangsung dalam waktu lama, maka akan memicu dari penyakit kronis.

Bahkan dalam sebuah studi oleh Department of Pharmaceutical Sciences, North South University Bangladesh yang ditujukan pada tikus, membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bubuk kapulaga bisa menurunkan peradangan hati karena makanan yang memiliki karbohidrat dan lemak tinggi.

Itulah 6 manfaat kapulaga yang tidak hanya untuk menyedapkan masakan, tetapi juga baik untuk mengatasi beragam penyakit.

 

Join Dream.co.id