Kunci Sukses Perenang Indonesia Sabet Medali di SEA Games Vietnam

Fresh | Senin, 23 Mei 2022 19:14

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

I Gede Siman Sudartawa berlaga dalam cabang olahraga renang gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter.

Dream - SEA Games menjadi salah satu acara olahraga terbesar di Asia Tenggara. Acara yang diadakan setiap dua tahun sekali ini juga membantu menjalin kerjasama regional yang kuat antarnegara di Asia Tenggara.

Tahun ini, SEA Games digelar di Vietnam. Banyak atlet antusias ikut serta ajang tersebut, salah satunya atlet yang berlaga di olahraga renang gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter, I Gede Siman Sudartawa.

Pria Bali yang akrab disapa Siman ini kembali mengharumkan nama bangsa dengan merebut medali perunggu untuk cabor renang punggung putra 50 meter pada gelaran SEA Games ke-31 tersebut.

“ Kami sangat bangga dan antusias dapat mendukung atlet renang kebanggaan bangsa Siman melalui persiapan terpadu mulai dari latihan fisik yang dibina oleh pelatih terbaik serta pengaturan pola makan atau asupan gizi yang paling ideal yang diawasi oleh ahli gizi terpercaya,” jelas Grant Senjaya, Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia, pada keterangan tertulis yang diterima Dream.

Kunci Sukses Perenang Indonesia Sabet Medali di SEA Games Vietnam
Instagram @siman_sudartawa
2 dari 4 halaman

Gizi Jadi Kunci Performa

 Doc Ajinomoto© Doc Ajinomoto

Di negara maju, gizi para atlet sudah diperhatikan bertahun-tahun sebelum mereka bertanding.

Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional untuk meraih prestasi guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal.

Kontrol gizi tentunya dilakukan Siman mulai dari masa latihan hingga saat kompetisi.

3 dari 4 halaman

Program Gizi

Mendukung Siman untuk meraih prestast tertinggi dalam gelaran SEA Games tahun ini, Ajinomoto persembahkan program " Winning Meals Kachimeshi’.

Kachimeshi " Winning Meals" atau " Makanan Sang Juara" merupakan kelanjutan program global Ajinomoto yang berpusat di Jepang yang mendukung para atlet dan pesinta olahraga melalui perencanaan menu bergizi.

Tak hanya itu, juga ada pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh para atlet.

4 dari 4 halaman

Makanan Dirancang Khusus

Makanan yang dirancang dan dikonsumsi Siman setiap harinya adalah hasil perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari.

Selain memberi bimbingan untuk program makanan, Siman juga mengonsumsi Sport Drink AminoVital yang dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau ditengah-tengah waktu olahraga.

“ Rancangan makanan dihitung berdasarkan pola dan volume latihan setiap bari yang Siman jalani baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam, Winning Meals Kachimeshi' ini dilakukan secara konsisten untuk membentuk kineeja Siman agar selalu berada dalam level tertinggi sehingga Siman semakin lebih siap untuk menghadapi kejuaraan,” tambah Grant.

Join Dream.co.id