Obat Kumur Mengandung PVP-I Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 30 Detik

Fresh | Kamis, 9 Juli 2020 06:33
Obat Kumur Mengandung PVP-I Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 30 Detik

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cegah penularan virus corona yang berhasil masuk ke dalam tenggorokan.

Dream - Mulut merupakan bagian dari anggota tubuh yang harus terlindung dengan ketat agar tidak terpapar virus Covid-19 yang berukuran sangat kecil. Selama ini kita menjaga kebersihan mulut hanya dengan memakai masker.

Meski dianggap sudah cukup, kamu bisa menambah upaya pencegahan sekaligus menjaga kebersihan mulut dengan melakukan gargle agar terbebas dari mikroorganisme. Tindakan ini bahkan sangat disarankan terutama ketika kondisi mulut berubah seperti mengalami sariawan, habis mencabut gigi, pembersihan karang gigi, ataupun penurunan imun akibat penyakit dalam.

Untuk kamu ketahui ada sedikit perbedaan antara berkumur dengan gargling. Berkumur biasanya berupa mengocok cairan di dalam mulut. Sedangkan gargle atau gargling adalah mengocok cairan di pangkal tenggorokan dengan menengadahkan kepala ke belakang 45 derajat, buka mulut, dan keluarkan napas melalui mulut sehingga bunyi “ ahhh”hingga cairan bergelembung

Rahmi Amtha, Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut Dalam menyarankan manfaat gargling akan semakin bertambah jika menggunakan obat kumur yang mengandung povidine-iodine (PVP-I).

" PVP-I merupakan antiseptik yang telah digunakan sejak 1955. Sangat efektif digunakan pada zaman SarsCov-1 dan MERS," ungkap Drg Rahmi dalam webinar 'Update Terkini Studi In Vitro Betadine PVP-I', Rabu 8 Juli 2020.

2 dari 2 halaman

Diklaim Bisa Cegah Virus Sampai 99,99 persen

Dari sebuah penelitian terungkap jika kebiasaan gargling juga dapat membunuh SarsCov-2 hingga log4 atau 99,99 persen pada tenggorokan. Dengan hasil penelitian tersebut sangat disarankan untuk membiasakan gargling dengan obat kuur mengandung PVP-I selama pandemi.

Penelitian lain dari di Duke National University Singapore membuktikan bahwa obat kumur yang mengandung PVP-I dengan kandungan 10 persen, 7,5 persen, 1 persen dan 0,45 persen bisa membunuh SarsCov-2 dalam kurun waktu 30 detik.

Selain dapat membersihkan rongga mulut dari mikroorganisme, gargling menggunakan PVP-I juga efektif mengurangi keparahan serta mempercepat durasi Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan mencegah demam pada anak.

" Di Jepang, gargle menjadi salah satu cara untuk mencegah influenza," imbuhnya.

Join Dream.co.id