Pria yang Memiliki Anak di Usia 20an Rentan Depresi

Fresh | Rabu, 12 Agustus 2015 06:00
Pria yang Memiliki Anak di Usia 20an Rentan Depresi

Reporter : Kusmiyati

Peneliti pun menyarankan untuk pria yang memang ingin menikah di usia muda untuk dapat mempersiapkan mental mereka.

Dream - Tidak sedikit yang menginginkan menikah di usia muda, namun bagi pria ternyata hal ini dapat meningkatkan risiko depresi. Para peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago mengatakan ketika pria muda sudah memiliki buah hati maka gejala depresi akan muncul hingga lima tahun ke depan.

Para ahli mengatakan temuan ini bukan berarti ayah muda ditakdirkan menjadi depresi klinis tetapi lebih ditekankan pada penyebab gejalanya. " Bukan berarti semuanya terkena dampak depresi, tetapi bisa saja hubungan ayah muda dengan buah hati dapat menyebabkan risiko depresi," kata pemimpin peneliti Dr Craig Garfield yang juga seorang profesor pediatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago.

Penelitian yang dikutip Health, Rabu 12 Agustus 2015 ini baru sudah dipublikasikan di Pediatrics. Sejauh ini studi tersebut menunjukan lima sampai 10 persen ayah muda yang baru memiliki buah hati berisiko mengalami depresi.

" Banyak faktor yang menyebabkan itu terjadi misalnya terlalu lelah, kesiapan dan kurang bisa mengontrol emosi. Dari penelitian kurang lebih pria yang mengalami ini di usia 24 sampai 32 tahun," tutur Garfield.

Garfield pun menyarankan untuk pria yang memang ingin menikah di usia muda untuk dapat mempersiapkan mental mereka.

Join Dream.co.id